Diposting : 16 January 2020 19:47
San Edison - Bali Tribune
Bali Tribune/MENINJAU - Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama saat meninjau ruas Jalan Patung Jagung - Titigalar.

balitribune.co.id | DenpasarCurah hujan yang tinggi belakangan ini berdampak pada kondisi sejumlah infrastruktur, tak terkecuali ruas Jalan Patung Jagung - Titigalar di Desa Bangli, Baturiti, Kabupaten Tabanan. Kondisi ruas jalan yang baru saja rampung dikerjakan ini pun tak luput dari keluhan masyarakat. 

Keluhan masyarakat ini langsung direspons Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama. Kamis (16/1/2020), Adi Wiryatama langsung melakukan sidak ke lapangan bersama dua anggota DPRD Provinsi Bali, I Gde Ketut Nugrahita Pendit alias Tut Jay dan I Kadek Setiawan.

“Jalan yang baru itu tergerus kena bencana karena volume air terlalu besar. Makanya saya dengan Pak Tut Jay dan Kadek Setiawan tadi ke sana karena mendadak ada laporan masyarakat,” jelas Adi Wiryatama, yang dikonfirmasi usai sidak.

Dikatakan, proyek peningkatan Jalan Patung Jagung-Titigalar ini merupakan bantuan dari Pemprov Bali. Namun, drainasenya bermasalah karena tertutup kerikil atau tanah bekas proyek pembuatan jalan yang hanyut dari hulu. Ada pula ruas jalan yang tidak dilengkapi got. 

Padahal, jalan tersebut merupakan jalur pemecah arus, khususnya jika terjadi kemacetan di Luwus, Tabanan. Sejak selesai dikerjakan, masyarakat sudah banyak yang memanfaatkan akses jalan ini.

“Kita usulkan dari provinsi melihat ke sana sehingga tidak menimbulkan masalah parah. Jalan ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Adi Wiryatama yang juga politikus PDIP asal Tabanan ini. 

Mantan Bupati Tabanan dua periode ini juga akan meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali untuk ikut turun tangan terkait bencana banjir yang terjadi. Kalau tidak segera ditangani dengan tepat, Adi Wiryatama khawatir akan terjadi kerusakan jalan yang lebih parah.

Selain melihat langsung kondisi jalan yang rusak, pihaknya juga meninjau proyek pengerjaan jembatan baru di jalur tersebut. Adi Wiryatama ingin memastikan, pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemprov Bali benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Bali.