Bupati Karangasem Apresiasi Safari GN Pembudayaan Kegemaran Membaca | Bali Tribune
Diposting : 15 May 2018 22:28
redaksi - Bali Tribune
APRESIASI
APRESIASI - Bupati Mas Sumatri Apresiasi Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca.

BALI TRIBUNE - Acara Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca, dengan tema Implementasi Revolusi Mental  Melalui Mobilisasi Pengetahuan Dalam Meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat, dihadiri oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas RI, Widianto, Anggota Komisi X DPR RI, Putu Supadma Rudana, Sekretaris Pepustakaan Provinsi Bali, Ida Bagus Wiranata, dan Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Karangasem I Komang Daging, di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Senin (14/5).

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas RI, Widianto, yang mewakili Kepala Perpustakaan Nasional RI, mengatakan Perpustakaan secara fisik tempat dimana koleksi buku-buku atau majalah yang berisi informasi. Kegiatan ini dimaksudkan guna mendorong seluruh lapisan masyarakat belajar sepanjang hayat (long life education). “Untuk itu kami mengharapkan agar dilakukan pendataan kelompok masyarakat yang dapat memberikan inspirasi nyata peningkatan kegemaran membaca masyarakat di daerah masing-masing,” ujarnya.

Ini penting guna mendukung peningkatan kegemaran membaca di masyarakat. Juga akan dilakukan kunjungan Narasumber kepada komunitas baca (masyarakat) yang memberi inspirasi tindakan nyata peningkatan kegemaran membaca. Dalam kegiatan ini akan dilaksanakan usaha nyata peningkatan kemampuan membaca masyarakat dengan bedah buku/diskusi mengenai buku. 

Anggota Komisi X DPR RI Putu Supadma Rudana  mengaku sangat mengapresiasi semangat Bupati Karangasem untuk membuat unit-unit usaha atau badan usaha atau apapun ditingkat desa dan membuat program-program nyata yang memang setiap bulannya akan dialaksanakan. “Dengan kegiatan kita kali ini saya selalu memperjuangkan berbagai hal dipusat khususnya dengan mitra kita Perpustakaan Nasional,  saya sudah memberikan akses 50 persen kuota kita untuk beasiswa program indonesia pintar untuk tingkat SD, SMP, SMA/SMK,” sebutnya. Itu kira-kira sekitar 7500 sudah diberikan untuk Dinas Pendidikan di Kabupaten Karangasem, dengan total anggarannya diatas Rp. 5 Miliyar dan akan diserahkan setelah bulan Agustus dan itu akan merata di tingkat SD,  SMP,  SMA/SMK. 

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutanya mengatakan kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama yang dilakukan oleh yang terhormat Bapak Putu Supdma Rudana, anggota Komisi X DPR Rl dengan Perpustakaan Nasional. Untuk itu, pihjaknya juga mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan pada Kabupaten Karangasem.

Menurutnya kepercayaan Pemerintah Pusat kepada Kabupaten Karangasem sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan safari dalam suasana status siaga Gunung Agung, membuktikan bahwa Kabupaten Karangasem masih aman untuk dikunjungi baik untuk kepentingan tugas dinas maupun berwisata.