Ribuan Prajurit Kodam Bersihkan Pantai | Bali Tribune
Diposting : 29 October 2018 21:31
Djoko Moeljono - Bali Tribune
BERSIH -- Mendukung program “Gerakan Indonesia Bersih” dan jelang perhelatan “OCC 2018”, prajurit TNI bersinergi dengan instansi terkait serta mengajak sejumlah pelajar dan mahasiswa untuk membersihkan lingkungan di sekitar kawasan pantai di Bali.
BALI TRIBUNE - Untuk mendukung pelaksanaan pertemuan berskala internasional “Our Ocean  Conference” (OOC) Tahun 2018 dan terkait dengan program “Gerakan Indonesia Bersih”, ribuan prajurit Kodam IX/Udayana dikerahkan untuk bergotong royong dan bersinergi dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah dan masyarakat Bali guna melaksanakan karya bhakti serentak dalam bentuk pembersihan lingkungan di sejumlah pesisir pantai di Bali, Minggu (28/10).
 
Sesuai Keputusan Presiden RI Nomor: 11/Tahun 2018, tertanggal 3 Mei 2018, Tentang Panitia Nasional “OOC Tahun 2018”, yang dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) selama dua hari (29-30 Oktober 2018), bakal dihadiri sekitar 2.000 peserta dari berbagai negara, termasuk 7 Kepala Negara/Pemerintahan, serta sejumlah stakeholder utama kelautan dan perikanan, termasuk sektor swasta, akademisi, mahasiswa maupun lembaga swadaya masyarakat.
 
Terkait hal itu, di wilayah Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, kegiatan karya bhakti dipusatkan di empat titik, yaitu di Pantai Kuta, Pantai Mertasari dan Pantai Padang Galak (Sanur), serta di Pantai Biaung, Denpasar. Karya bhakti di Pantai Kuta diikuti oleh ribuan orang dari unsur TNI-Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI, ASN Pemkab Badung, ratusan siswa pelajar dan masyarakat.
 
Diawali dengan pelepasan seribu ekor tukik oleh para pejabat dan peserta karya bhakti, dilanjutkan dengan pembersihan segala jenis sampah di sepanjang pesisir Pantai Kuta. Para Pejabat yang hadir antara lain, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Duta Besar Denmark, dan sejumlah undangan pejabat terkait lainnya.
 
Kegiatan serupa juga digelar di Pantai Mertasari, Sanur, diikuti oleh sekitar 1.000 orang dari unsur TNI, Polri, PNS TNI, sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Bali, Pramuka Saka Wira Kartika, Orari, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, Persatuan Pedagang Pantai Mertasari serta masyarakat Desa Sanur Kauh. Turut hadir, Wali Kota Denpasar, Wakapolresta Denpasar, Pasi Intel Kodim 1611/Badung, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Denpasar, Sekcam Denpasar Selatan, dan Perbekel Desa Sanur Kauh.
 
Acara bersih-bersih di Pantai Padang Galak, Sanur, melibatkan sekitar 2.000 orang dari unsur TNI, Polri, jajaran Dinas OPD Provinsi Bali, LSM dan masyarakat Desa Kesiman Petilan. Diawali dengan kata pengantar Plh Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Bali, I Dewa Putu Sunarta, SE., MSi., dilanjutkan sambutan Gubernur Bali, I Wayan Koster, yang intinya mengajak semua lapisan masyarakat untuk peduli dan turut serta menjaga kebersihan lingkungan dalam rangka mewujudkan “Nangun Sad Kertih Bali”.
 
Wakapolda Bali Brigjen Pol Drs I Wayan Sunartha merasa miris, karena setiap hari di kalangan masyarakat masih ada yang tertangkap terkait dengan masalah narkoba. “Hari ini (Minggu kemarin, red) ada 4 laporan penangkapan terkait masalah narkoba. Untuk itu, mari kita bersihkan diri dan lingkungan dari sampah, narkoba, dan premanisme,” ajak Wakapolda Bali.
 
Sementara Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bahu membahu, bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan laut dan sekitarnya. “Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Untuk itu mari kita jaga kebersihan lingkungan, mulai dari daratan atau Ibu Pertiwi dan jangan sekali-kali mengotori air,” saran Kolonel Inf I Ketut Budiastawa, selaku perwakilan Dephan Provinsi Bali.
 
Sasaran terakhir di Pantai Biaung, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur (Dentim), yang diikuti oleh sekitar seribu orang dari unsur TNI, Polri, PNS TNI, ASN Pemkot Denpasar, dan masyarakat Kecamatan Dentim. Para pejabat yang hadir antara lain, Kasdim 1611/Badung, Danramil 1611-01/Dentim, para OPD Kota Denpasar, Camat Dentim, dan Sekdes Kesiman Kertalangu.