Desa Pejeng Kangin Tampaksiring Perkenalkan Potensi Waterfall Gana | Bali Tribune
Diposting : 11 March 2019 22:00
habit - Bali Tribune
Bali Tribune/ata Air terjun Panjeng

Gianyar | Bali Tribune.co.id - Menuju Desa Wisata, Desa Pejeng Kangin, Tampaksiring terus menggali dan  mengembangkan potensi wisatanya. Salah satunya, air terjun Gana, yang  digagas mulai akhir tahun 2018 lalu. Diawali dengan  dengan membentuk Pokdarwis yang diharapkan mendata seluruh potensi wisata yang bisa dikembangkan.

Perbekel Pejeng Kangin, Gede Purniadi, Senin (11/3) kemarin menjelaskan mimpinya agar Desa Pejeng Kangin masuk sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Gianyar. Dikatakannya, saat ini yang sedang ingin digagas adalah obyek wisata baru, Waterfall Gana. Hanya sayang, obyek wisata yang akan digagas ini belum memiliki akses masuk yang layak. 

Dikatakannya lagi, akses masuk ke obyek wisata tersebut dari Banjar Cagaan masuk ke timur sekitar 2 km dan parkir di jaba pura Gana. Namuan sayang, akses dari jaba pura ke lokasi air terjun belum ada. Karena itu aparatur desa kini  sedang memikirkannya dari mana anggaran itu bisa diperoleh unuk membuka akses jalan. Sedangkan persiapan  lain sudah dilakukan seperti membersihan areal air terjun dari ranting kayu yang hanyut sampai pada sampah plastic yang mengendap di bawah air terjun. Diperkirakan untuk membangun jalan tersebut membutuhkan dana sekitar Rp 250 juta, guna membuat jalan setapak dengan lebar 1,5 meter dengan beton rabat.

Sebelum desa wisata terwujud, Perbekel Pejeng bersama seluruh stafnya setiap hari Rabu dan Jumat bergotong royong membersihkan sampah plastik di seluruh banjar dinas yang berjumlah 8 banjar. Selain memiliki potensi wisata air terjun, Desa Pejeng Kangin juga memiliki potensi lain seperti Candi Tebing Kerobokan dan jalur tracking di persawahan dengan panjang lintasan sekitar 10 km. “Potensi pariwisata sudah kami miliki, tinggal kami mengembangkan potensi SDM dan bagaimana bisa mendapatkan anggaran untuk pengembangan potensi tersebut,” tegasnya. ata