Termakan Usia, SKB Kayuambua Segera Direnovasi | Bali Tribune
Diposting : 3 July 2019 14:06
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ Beginilah kondisi asrama SKB yang belokasi di Banjar Kayuambua, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli, Selasa (2/7)kemarin.
balitribune.co.id | Bangli - Termakan usia, kondisi asrama putra dan putrid serta ruang belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bangli yang berlokasi di Banjar Kayuambua, Desa Tiga, Kecamatan Susut rusak parah. Rencananya, bangunan ini akan direnovasi bersumberkan DAK T.A 2019 ini.
 
Kepala Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) SKB Bangli, I Made Mudra saat dikonfirmasi, Selasa (2/7) kemarin membenarkan perihal rencana renovasi bangunan itu.
 
Dikatakannya, unit banguan yang akan direhab meliputi asrama putrid yang  terdiri dari 4 ruang tidur dan asrama putra dengan 6 ruang tidur serta ruang belajar yang terdiri dari 3 ruangan.
“Untuk pengerjaan nantinya akan dilakukan secara swakelola,” ungkap Mudra.
 
Sementara untuk anggran rehab dimaksud menurut Mudra bersumberkan dana DAK T.A 2019. Adapun kisaran dananya mencapai Rp 129 juta untuk masing-masing asrama dan rehab ruang belajar mencapai angka Rp 90 juta.
 
Kata Mudra, jika dilihat kondisi bangunan memang sudah sangat layak untuk mendapat rehab. Dia menyebutkan,gedung SKB tersebut dibangun pada tahun 1986 silam.
 
”Beberapa bagian bangunan sudah banyak yang rusak terutama bagian rangka atas berikut plafon serta lantainya,”terang Mudra sembari menambahkan masih ada beberapa bangunan penunjang kegiatan lainya kondisinya juga rusak.
 
Lanjut Made Mudra  untuk asrama sejatinya dimanfaatkan bagi para peserta pendidikan seperti peserta diklat (pelatihan,red) namun dalam kondisi darurat juga dimanfaatkan untuk kegiatan sosial.
 
“Dua tahun lalu puluhan pengungsi Gunung Agung ditampung disini, para pengungsi ditempatkan di blok asrama putra dan putri,”jelasnya.
 
Lanjut Mudra, untuk ruang belajar saat ini dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan program kesetaraan paket C.
 
“Jika ruang belajar direhab, untuk proses pembelajaran akan dipindahkan memanfaatkan ruang ketrampilan,” tutupnya.