Menanjak Mesin Mati, Truk Terperosok | Bali Tribune
Diposting : 20 July 2019 14:36
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ TERPEROSOK - Truk terperosok ke got di tanjakan Susut, Desa Buahan, Payangan, Gianyar, Jumat (19/7) pagi.
balitribune.co.id | Gianyar - Sebuah truk proyek yang mengangkut lemston terperosok ke got di jalan tanjakan Susut, Desa Buahan, Payangan, Gianyar, Jumat (19/7), sekitar pukul 07.30 wita. Truk milik PT Arya Perdana Karangasen, dikemudikan, Mustari (46 tahun) asal Lombok. Tak ada korban dalam peristiwa itu.
 
Sopir Mustari mengatakan, truk yang dikemudikan tidak kuat nanjak, setelah berbagai upaya dilakukan. Setelah menjelang berakhir tanjakan truk tak kuat narik, dan mundur. Untuk menghindari seorang pengendara motor yang membuntuti, sopir banting setir lalu truk masuk got. "Saya sudah gayung tapi tak kuat juga," katanya.
 
Diungkapkan, sesungguhnya beban truk masih batas normal. Namun, karena tanjakan jalan yang cukup tajam, truk tak kuat nanjak. Dikatakan, dirinya memang baru pertama kali mengirim matrial ke daerah ini. "Kelihatannya jalan landai tapi ternyata cukup berat," ujarnya.
 
Akibat kejadian itu, nyaris menelan korban warga asal Banjar Susut, pengendara sepeda motor yang mengikuti, di jalan itu. Untung, setelah truk tak kuat, warga pengendara motor cepat minggir ke kanan. "Setelah saya lihat truk tak kuat naik, saya berusaha menghindari," ungkapnya.
 
Kapolsek Payangan AKP I Gede Sudyatmaja membenarkan kejadian itu. Dia mengungkapkan, jalan Payangan-Buahan memang dengan tanjakan yang cukup curam. Kalau tidak hati-hati, bisa celaka. Terlebih di lokasi kejadian, tanjakan memang cukup tajam. Tapi, karena tanjakan panjang kelihatan landai.
 
Dikatakan, di lokasi ini truk yang bermuatan berat tak bisa naik. Karena itu, pihaknya menghimbau agar oara sopir yang lewat di jalan ini mengurangi beban muatan. Dan, tak kalah penting lagi hati-hati, karena jalan terjan dan tikungan tajam. "Intinya sopir harus mengurangi muatan. Dan hati-hati di jalan ini," jelasnya singkat.