Pasca Ditemukannya WNA Pengawasan Corona, Warga yang Datang ke Nusa Penida Discrening Kesehatannya | Bali Tribune
Diposting : 14 March 2020 10:44
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ SCRENING - Diskes Klungkung melakukan tindakan screning bagi wisatawan asing maupun lokal yang datang ke Nusa Penida.
Balitribune.co.id | Semarapura - Pemerintah Kabupaten Klungkung terus bergerak cepat pasca ditemukannya seorang WNA yang susfect Covid 19 baru baru ini. Untuk itu melalui Dinas Kesehatan bergerak melakukan tindakan prepentif dengan melakukan screening atau pemeriksaan suhu tubuh terhadap setiap warga lokal maupun wisatawan Asing yang datang saat menginjakan kakinya di Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida, Jumat (13/3).
 
 "Sesuai protap, setiap warga yang masuk ke Nusa Penida dilakukan pemeriksaan suhu tubuh," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Klungkung, Dr Ida Ayu Megawati. Menurutnya, pemeriksaan suhu tubuh terhadap pengunjung ke Nusa Penida dilaksanakan, Jumat (13/3) atau pasca diisolasinya pasien dengan pengawasan (PDP) susfect Covid-19 di Klungkung dengan alat pengatur suhu tubuh. "Pada intinya pemeriksaan itu untuk mengetahui suhu tubuh pengunjung. Jika ada yang sakit, kami arahkan ke pelayanan kesehatan terdekat," bebernya.
 
Sementara,  pasien dengan pengawasan (PDP) Covid-19 yang sempat diisolasi di ruang HD RSUD Klungkung telah dirujuk ke RSUP Sanglah, Kamis (12/3) sekitar pukul 18.00 Wita. Selanjutnya tim Dinas Kesehatan Klungkung, sedang menelusuri pihak-pihak yang sempat berinteraksi dengan pasien tersebut. 
 
Disebutkan pula pihak Dinas Kesehata Klungkung terus melakukan Screning pada wisatawan asing maupun domestik yang mengunjungi beberapa tempat berbeda di Nusa Penida seperti di kawasan jungut batu,di sampalan ,di banjar nyuh ,tepatnya dilokasi pelabuhan ini. “Tim Dinas Kesehatan Klungkung  melalui Tim Surveylian melaklukan  kegiatan tersebut selama seminggu, selanjutnya nanti akan dilakukan  dievaluasi kembali,” sergahnya.
 
Sementara itu lokasi menginap pasien WNA Pasien Dalam Pengawasan Covid 19 itu, sudah dilakukan sprayer disinfektan sesuai prosedur,tim surveilans juga langsung menelusuri seluruh kegiatan  interaksi pasien  selama di Nusa Penida.