Palinggih di Pura Dalem Pingit Hancur Tertimpa Dahan Beringin | Bali Tribune
Diposting : 6 April 2020 07:01
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/HANCUR - Palinggih yang hancur tertimpa dahan beringin di Pura Dalem Pingit, Dusun Kebon Kangin, Desa Peninjoan, Tembuku, Bangli, Minggu (5/4).
Balitribune.co.id | Bangli - Beberapa palinggih di Pura Dalem Pingit Dusun Kebon Kangin, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli, rusak setelah terimpa dahan beringin yang tumbang, Minggu (5/4), setelah terjadi angin kencang sekitar pukul 14.00 Wita.
 
Kepala Dusun (Kadus) Kebong Kangin I Dewa Gede Sutama mengatakan, pohon tumbang sekitar pukul 14.00 Wita, mengakibatkan beberapa bangunan rusak. Adapun bangun yang rusak meliputi palinggih Surya, Palinggih Bhatara Sri, Penglurah Agung, Bale Pesandekan. “Sebelum pohon beringin yang  berada di areal dalam pura tersebut  dahanya tumbang, tiupan angin cukup kencang,” ujar Dewa Gde Sutama.
 
Pasca kerusakan palinggih tersebut maka arca yang ada dipilinggih akan dipindahkan sementara waktu. Adapula barong, juga akan dipindahkan. “Barong dan arca kegingsiran (dipindahkan) di bangunan lain namun masih diareal Pura Dalem Pingit. Untuk kondisi arca dan barong tidak tidak ada kerusakan,” ujar Dewa Sutama sembari mengatakan Pura Dalem Pingit merupakan pura swagina dan pujawali jatuh pada Anggara Kasih Wuku Tambir.
 
Ditanya soal proses evakuasi dahan beringin tersebut, Dewa Sutama mengatakan bahwa praju masih akan melaksanakan paruman serta meminta petunjuk orang suci. Kerugian material akibat musibah yang terjadi mencapai ratusan juta rupiah.