Daihatsu Perluas Edukasi Program Penyu untuk Indonesia | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 05 Desember 2024
Diposting : 2 October 2020 03:18
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Bali Tribune/ Lokasi konservasi penyu Daihatsu di Perancak.
Balitribune.co.id |  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus membuktikan komitmen dan tanggung jawab sosialnya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang salah satunya adalah Pilar Hijau Bersama Daihatsu. Pada Pilar Hijau, Daihatsu terus melakukan wujud nyata dalam melestarikan lingkungan di bidang keanekaragaman hayati, salah satunya adalah Penyu Untuk Indonesia.
 
Penyu yang memiliki nama ilmiah Chelonioidea merupakan organisme perairan laut dan termasuk binatang purba yang terancam punah. Hewan berjenis reptil laut ini memiliki 7 spesies di dunia, 6 diantaranya berhabitat di Indonesia. Perubahan iklim, pembangunan industri, serta meningkatnya sampah di laut menyebabkan kehidupan penyu kian terancam.
 
Sejak 2011, Daihatsu terus melestarikan satwa yang dilindungi ini, bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LKH), serta komunitas pelestari penyu. Ada enam konservasi penyu binaan Daihatsu di Indonesia dan telah berhasil menetaskan serta melepas-liarkan lebih dari 399.000 tukik.
 
 Adapun enam lokasi konservasi penyu binaan Daihatsu ini antara lain berada di Pulau Pramuka yang bertempat di Taman Nasional Kepulauan Seribu yang diresmikan pada tahun 2013; Perancak, Bali (2013); Batu hiu, Pangandaran (2015); kemudian Pasir Jambak, Padang (2017); Pantai Binasi, Sibolga (2019); serta Alun utara, Bengkulu (2020).
 
Konservasi penyu binaan Daihatsu bertujuan melestarikan penyu, yang memiliki fasilitas tempat peteluran penyu, kolam penampungan sementara, ruang dan media edukasi bagi pengunjung. Selain itu, konservasi juga menerima kunjungan dari sekolah, mahasiwa yang sedang melakukan penelitian, dan para wisatawan yang berkunjung.
 
Sebagai bentuk keseriusannya, Daihatsu juga telah mendeklarasikan program Penyu Untuk Indonesia, dan menjadi satu-satunya perusahaan di sektor swasta yang menyatakan komitmennya dalam usaha pelestarian lingkungan pada forum Our Ocean Conference 2018 di Bali, yang bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia.
 
"Pandemi membuat kunjungan ke konservasi menurun drastis. Sebagai bentuk perhatian, Daihatsu memperkenalkan konservasi tersebut di channel social media Daihatsu dengan harapan semakin dikenal masyarakat luas sehingga kunjungan meningkat kembali,” ujar Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor.