Dua OPD Kota Denpasar Raih Penghargaan dari Kemenpan RB | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 30 Desember 2024
Diposting : 10 March 2021 10:24
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune/Pelayanan publik di Kota Denpasar.
balitribune.co.id | Denpasar - Dua OPD Pelayanan Publik di Kota Denpasar kembali mendulang prestasi gemilang. Keduanya yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Dinas Penanaman Modal dan Palayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Denpasar yang meraih penghargaan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik. 
 
Demikian terungkap saat acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2020 yang digelar secara daring dan luring dari Jakarta, Selasa (9/3).
 
Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Denpasar, IB Alit Adhi Merta saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pemerintah pusat melalui Kementerian PAN dan RB. Dimana, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung percepatan reformasi birokrasi lewat evaluasi secara rutin setiap tahunya.
 
“Kami bersyukur di Kota Denpasar tahun ini kembali meraih nilai Sangat Baik, dan semoga kedepanya dapat terus ditingkatkan,” ujarnya.
 
Lebih lanjut dijelaskan, terdapat enam aspek yang dinilai dalam evaluasi ini. Yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi. Khusus tahun ini, dimana ditengah situasi pandemi Covid-19, pelayanan publik Rumas Sakit Umum Daerah tidak diikutkan dalam penilaian oleh Kemenpan RB.
 
“Tahun ini hanya dua saja, yakni Disdukcapil dan DPMPTSP, sedangkan RSUD memang tidak diikutikan dari Kementrian PAN dan RB,” jelasnya.
 
Gus Alit menambahkan bahwa, capaian ini tak lepas dari komitmen seluruh jajaran Pemkot Denpasar untuk menciptakan pelayanan publik yang berkemanfaatan bagi masyarakat.
 
“Tentunya bukan sekadar prestasi dan penghargaan, namun lebih jauh dari itu adalah memberikan kemanfaatan maksimal dan memberikan kemudahan dalam pelayanan bagi masyarakat Kota Denpasar,” ujarnya.
 
Sementara, Kadisdukcapil Kota Denpasar, Dewa Gde Juli Artabrata mangaku bersyukur atas diraihnya penghargaan pelayanan publik ini. Tentunya hal ini tak lepas dari dukungan seluruh jajaran di Pemkot Denpasar yang senantiasa memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat dengan moto “sewaka dharma”. 
 
Selain itu, prestasi ini juga tak lepas dari inovasi yang terus dimaksimalkan meski ditengah pandemi Covid-19. Seperti halnya Si Taring Dukcapil, ADM, kerja sama pengantaran dengam Go Jek dan Grab. Untuk di DPMPTSP ada kerjasama dengan Pos Indonesia, penerapan OSS dan perijinan online.