Peringati HKB 2021, Uji SOP dan Simulasi Penanggulangan Bencana | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 08 Oktober 2024
Diposting : 27 April 2021 03:37
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ Simulasi dan uji Standar Operasional Prosedur saat menghadapi gempa bumi dan tsunami, yang digelar di Sekretariat Kwarcab Denpasar di Jalan Mawar, Denpasar, Senin (26/4).
balitribune.co.id | Denpasar - Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2021, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Denpasar ikut berpartisipasi melaksanakan simulasi dan uji Standar Operasional Prosedur (SOP) saat menghadapi gempa bumi dan tsunami, yang digelar di Sekretariat Kwarcab Denpasar di Jalan Mawar, Denpasar, Senin (26/4).
 
Dalam pelaksanaan simulasi tersebut, Kwarcab Denpasar melibatkan adik-adik Pramuka dari Dewan Kerja Cabang (DKC) dan mengajak Dewan Kerja Ranting (DKR) Denpasar, total sebanyak 50 orang. Turut hadir, Sekretaris Kwarcab Denpasar Drs I Made Arawan, MM, didampingi Budi Santoso, MT (Kapusdiklatcab Denpasar), Sonny Sanjaya, MT, (Andalan Cabang Komisi Abdimas, Humas, dan Infokom), dan Agus Ambara, MG, (Andalan Cabang Komisi Keuangan, Usaha, Sarana Prasarana, dan Aset).
 
Sesuai tema HKB 2021 "Siap Untuk Selamat", maka upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana harus ditingkatkan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih tangguh dalam menghadapi resiko bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
 
Hal ini sesuai arahan Presiden RI Ir Joko Widodo pada acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, beberapa waktu lalu, yang memerintahkan agar melaksanakan simulasi penanggulangan bencana di seluruh daerah rawan di Indonesia.
 
Dalam sambutan Ketua Kwarcab Denpasar yang dibacakan Sekretaris Kwarcab menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan simulasi penanggulangan bencana yang diinisiasi oleh Kwarcab Denpasar. 
 
"Terima kasih sudah ikut berpartisipasi dan menyukseskan kegiatan ini. Melalui simulasi ini, diharapkan pengetahuan kita mengenai kebencanaan bertambah, sehingga dapat mengambil tindakan cepat, terukur, dan benar sesuai SOP dalam menghadapi bencana," kata Made Arawan.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar Anak Agung Made Wijaya Asmara, yang ikut memantau pelaksanaan simulasi ini juga mengapresiasi dan mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarcab Denpasar, terlebih demi kepentingan masyarakat.
 
Pihaknya mengaku sudah bersurat ke seluruh sekolah dan lembaga pendidikan yang berada dibawah Disdikpora Denpasar untuk ikut berpartisipasi memperingati HKB dengan memberikan edukasi dan pemahaman tentang penanggulangan bencana kepada seluruh siswa melalui webinar.
 
Selain melaksanakan simulasi penanggulangan bencana, Kwarcab Denpasar juga menggelar kegiatan sosial berupa pembagian 600 masker kepada masyarakat di sekitar Pasar Kreneng, Denpasar. Masker ini merupakan bantuan dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka yang dibagikan kepada seluruh Kwartir Daerah (Kwarda) dan Kwarcab se-Indonesia dalam mengurangi penyebaran Covid-19 di masing-masing wilayah.