Panglima TNI dan Kapolri Pastikan Kesiapan Sambut Turis Asing | Bali Tribune
Diposting : 24 October 2021 21:25
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / MENINJAU - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur Bali, Wayan Koster saat meninjau kesiapan Bandara I Gusti Ngurah Rai menerima kedatangan wisatawan mancanegara

balitribune.co.id | Kuta – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) dan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta Gubernur Bali didampingi Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) beserta jajaran, Sabtu (23/10) memastikan kesiapan menyambut kedatangan wisatawan asing dengan melakukan peninjauan langsung di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kuta, Badung. Pada kesempatan tersebut sekaligus menyaksikan proses simulasi alur kedatangan penumpang yang melibatkan sebanyak 400 orang.

Herry A.Y. Sikado, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengatakan, sebagaimana diketahui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebagai pintu gerbang penerbangan internasional di Provinsi Bali telah dibuka sejak 14 Oktober 2021 yang lalu. Tentunya pihak terkait telah melakukan berbagai persiapan agar prosesnya benar-benar berjalan lancar.

“Hari ini Panglima TNI dan Kapolri beserta Gubernur Provinsi Bali melakukan peninjauan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, tentunya PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut baik hal ini, kami telah menyampaikan progres kesiapan yang telah dilakukan, sejauh ini rutin dilaksanakan simulasi. Sehingga jika ada kendala kami selesaikan segera agar semuanya berjalan baik," ucap Herry.

Kata dia, pembukaan penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan kebijakan yang sangat diperhatikan oleh para petinggi negara. "Salah satu atensinya adalah kegiatan ini, sehingga kami betul-betul memberikan yang terbaik seiring dengan itu nantinya membantu perekonomian Bali dari sektor pariwisata," imbuhnya.

Diakui Herry, secara keseluruhan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah siap melayani penerbangan internasional. "Semoga semuanya dapat berjalan sesuai yang kita inginkan,” cetus Herry. 

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto meminta seluruh komponen dan unsur TNI, Polri tetap meningkatkan kewaspadaan kedatangan wisatawan mancanegara demi mencegah kemungkinan adanya gelombang ketiga Covid-19 seperti yang dialami sejumlah negara. 

Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta Satgas Covid-19 Provinsi Bali bersama anggota TNI dan Polri harus bersinergi dengan baik melaksanakan pengamanan protokol kesehatan di area Bandara I Gusti Ngurah Rai, hingga hotel karantina sesuai prosedur yang ditetapkan pemerintah. Warga negara asing harus menjalani masa karantina secara tuntas dengan diawasi dan dilarang keluar dari hotel karantina.