Usulkan Para Penyakap Tanah KK Miskin Menjadi Satu Kelompok | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 28 September 2024
Diposting : 6 February 2022 20:11
SUG - Bali Tribune
Bali Tribune / KUNJUNGI - Bupati Suwirta kunjungi rumah Wayab Rupa tertimpa pohon kelapa.

balitribune.co.id | Semarapura - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau rumah I Wayab Rupa yang tertimpa pohon kelapa tumbang di Banjar Nyamping, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Sabtu (5/2/2022).

Pohon tumbang yang diakibatkan oleh angin kencang ini terjadi Jumat (4/2/22). pukul 10.30 Wita. Beruntung saat kejadian Wayan Rupa bersama istrinya sedang di luar duduk, sehingga tidak ada korban jiwa, tetapi atap rumahnya mengalami rusak yang cukup parah. Bupati juga menyerahkan bantuan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Melihat secara langsung kejadian di lapangan, Bupati Suwirta mengaku sangat perihatin atas musibah yang dialami warganya itu. Jadi banyaknya kejadian pohon tumbang di Gunaksa maupun Paksebali ini tidak terlepas dari mereka-mereka dan kebanyakan kk miskin yang rumahnya ada ditengah pohon kelapa, karena mereka nyakap. Ini sudah terlihat sejak melakukan bedah desa dulu. "Tentu dengan kejadian ini, pertama para pemilik lahan agar nantinya merelakanlah pohon-pohon kelapa disekitar rumah tersebut untuk ditebang kalau masih diijinkan nyakab ditempat itu," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta sudah melakukan komunikasi dengan Bapak Gubernur Bali secara lisan untuk mengelompokkan masyarakat yang nyakap tanah itu. Di Paksebali ada sekitar 29 orang yang nyakap, di Pasinggahan juga ada termasuk di Tukad Unda. "Langkah kedepan akan membuat perencanaan dulu, mudah-mudahan usulan ini bisa dipenuhi oleh Bapak Gubernur Bali terkait dengan pemanfaatan tanah Provinsi untuk menempatkan mereka sebagai Kelompok Usaha Bersama (KUBE)," harap Bupati Suwirta.