Ipkemindo Bali Kukuhkan 26 Dewan Pengurus Wilayah | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 29 September 2024
Diposting : 30 August 2022 15:39
DEB - Bali Tribune
Bali Tribune / Pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Ipkemindo Bali periode 2022-2025, Selasa (30/8).
balitribune.co.id | DenpasarIkatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (Ipkemindo) Bali melakukan pengukuhan terhadap Dewan Pengurus Wilayah baru, Selasa (30/8). Pengukuhan terhadap 26 pengurus baru tersebut, berlangsung di Ruang Dharmawangsa, Kanwil Kemenkumham Bali.
 
Pengurus Ipkemindo Bali yang terpilih, dilantik secara simbolis dan akan menjabat periode tahun 2022-2025. Acara pengukuhan kali ini, dirangkaikan dengan Webinar Nasional Ipkemindo Bali yang dilaksanakan secara hybrid.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Pujo Harinto, Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ipkemindo, Junaedi, Kadiv Pemasyarakatan, Gun Gun Gunawan, para Kepala UPT Pemasyarakatan, serta seluruh anggota Ipkemindo Wilayah Bali.
 
Sebelum melantik pengurus terpilih, dalam sambutannya, Junaedi menyampaikan bahwa Ipkemindo saat ini memiliki indikator tantangan, diantaranya pemenuhan hak-hak warga binaan di Provinsi Bali harus terselenggara dengan baik. Melalui penelitian kemasyarakatan dan penjamin, serta meningkatkan pengawasan oleh pembimbing kemasyarakatan sehingga bisa meminimalisir adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pelaksanaan asimilasi di rumah, baik dengan syarat umum maupun syarat khusus. 
 
"Kinerja pembimbing kemasyarakatan ini sangat mempengaruhi sistem pemasyarakatan, maka dari itu saya harapkan kepada Ipkemindo dapat bersinergi khususnya dengan Kepala Balai Pemasyarakatan untuk mewujudkan sistem pemasyarakatan yang semakin baik," ujar Junaedi.
 
Ia menambahkan, Ipkemindo merupakan wadah bernaungnya jabatan fungsional pembimbing kemasyarakatan dan asisten pembimbing kemasyarakatan. Jabatan fungsional ini secara organik lahir dalam rumpun Kementerian Hukum dan HAM RI.
 
Sementara itu, Anggiat Napitupulu menyampaikan dengan pengukuhan pengurus terpilih Ipkemindo Bali, diharapkan dapat memberi semangat baru dalam tubuh organisasi. Menjadi organisasi profesi terdepan dalam pengembangan pengetahuan dan praktek mimbingan kemasyarakatan yang berorientasi pada etika, tanggung jawab sosial, serta penegakan hukum dan hak asasi manusia. 
 
"Bersamaan juga akan diadakn webinar, yanh bertujuan meningkatkan pemahaman akan tugas dan fungsi pembimbing kemasyarakatan, dan meningkatkan koordinasi antar lembaga guna tercapainya tujuan dari sistem pemasyarakatan", pungkas Anggiat.