Selain Pura Besakih, Kunjungan Wisatawan ke Pura Lempuyang Juga Meningkat Drastis | Bali Tribune
Diposting : 13 September 2022 02:38
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune

balitribune.co.id | Amlapura - Kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata di Kabupaten Karangasem terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan kunjungan wisatawan domestik maupun wisatawan asing ini terlihat di Pura Besakih di kecamatan Rendang dan obyek wisata spiritual lainnya yakni di Pura Lempuyang Luhur, di Desa Purwayu, Kecamatan Abang, Karangasem.

Berdasarkan informasi yang diperoleh media ini, ada ratusan wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke Pura Lempuyang Luhur setiap harinya. Ini artinya jumlah kunjungan meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya terlebih saat masa Pandemi Covid-19 yang mana jumlah wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung ke Pura Lempuyang bisa dihitung dengan jari.

Bendesa Adat Purwayu, I Wayan Jati kepada awak media Senin (12/9/2022) membenarkan soal adanya lonjakan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun asing ke DTW Pura Lempuyang.

"Kalau kunjungan wisatawan ke Pura Lempuyang saat ini memang mengalami peningkatan yang cukup lumayan, kalau dirata-ratakan jumlah kunjungan perharinya sekitar 800 orang, baik wisatawan asing maupun domestik,” sebutnya.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ini menurutnya terjadi menyusul makin membaiknya kondisi pasca Pandemi Covid-19, termasuk imbas dari kegiatan event Internasional Presidensi G-20 di Nusa Dua, Bali.

“Meningkatnya jumlah kunjungan wisatwan ini tentunya menjadi berkah bagi kami yang juga merupakan berkah dari ida sesuhununan. Kami selaku pengelola juga melakukan berbagai inovasi dalam hal pelayanan kepada para wisatawan,” ucapnya. Salah satunya kata dia dengan pengelolaan tata cara sistem transportasi angkutan para wisatawan yang menuju ke Pura Lempuyang dengan pengoperasian Shuttle Bus.

"Saat ini sudah ada puluhan Shuttle Bus yang digunakan untuk mengangkut para wisatawan dari parkir kemuda menuju lempuyang, tentunya juga melibatkan pemandu wisatawan lokal warga setempat," imbuhnya.