Sekda Alit Wiradana: Tata Kelola Manajemen Kearsipan Jadi Cerminan Kualitas OPD | Bali Tribune
Diposting : 4 April 2023 01:44
YPA - Bali Tribune
Bali Tribune/ RAPAT- Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana saat memimpin Rapat Akselerasi Nilai Manajemen Kearsipan di Kota Denpasar bersama sejumlah pimpinan OPD Kota Denpasar, Senin (3/4).

Balitribune.co.id | Denpasar - Indeks kearsipan merupakan salah satu instrumen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana saat memimpin Rapat Akselerasi Nilai Manajemen Kearsipan di Kota Denpasar bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Denpasar, Senin (3/4).

"Sesuai arahan Bapak Wali Kota Denpasar mengenai tata kelola kearsipan, kita harapkan seluruh OPD dapat berkomitmen dalam hal manajemen kearsipan, karena hal itu merupakan salah satu instrumen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan," kata Alit Wiradana.

Alit Wiradana menegaskan manajemen kearsipan yang baik akan mencerminkan kualitas dan kompetensi dari setiap instansi atau OPD. Tidak hanya itu, komitmen untuk menjalankannya diperlukan oleh setiap elemen di lingkungan Pemkot Denpasar.

"Oleh karena itu, saya harap semua instansi di lingkungan Kota Denpasar menata dan mengelola kearsipan dengan baik. Karena kearsipan yang baik, akan menjadi cerminan dari kualitas OPD itu sendiri," tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Denpasar I Dewa Nyoman Sudarsana menerangkan dalam hal ini pihaknya akan siap memfasilitasi dalam proses peningkatan manajemen kearsipan.

"Kami di DPK siap menjadi fasilitator dan menjalin kemitraan dengan semua OPD di lingkungan Pemkot Denpasar. Hal ini ditujukan agar kegiatan manajemen kearsipan dapat berlangsung baik dan lancar," jelas Dewa Nyoman Sudarsana.

Terdapat 2 hal yang menjadi fokus utama ke depannya, yakni urgensi terkait pembentukan petugas kearsipan dan percepatan bimbingan teknis/diklat sebagai media pembekalan ilmu untuk menunjang kinerja petugas tersebut.