1.231 Siswa Ikuti UNBK SMK se-Kabupaten Klungkung | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 29 Maret 2024
Diposting : 3 April 2018 23:39
Ketut Sugiana - Bali Tribune
UNBK
UNBK - Pelaksanaan UNBK hari pertama di SMKN 1 Klungkung, Senin (2/4).

BALI TRIBUNE - Pelaksanaan ujian serentak berbasis komputer  UNBK untuk tingkat SMK di Kabupaten Klungkung mulai digelarr sejak Senin (2/4) sampai Rabu (4/4). Peserta keseluruhan  yang mengikuti Ujian UNBK kali ini ada sebanyak 1231 siswa dan 1 orang siswa absen karena sedang menjalani opname operasi usus buntu.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala UPT Disdik Provinsi Bali Cabang Klungkung Nyoman Ratmaja. Menurutnya, semua sekolah sudah mempersiapkan pelaksanaan UNBK tingkat SMK ini dengan baik,walaupun masih ada kendala disana sini, namun dalam pelaksanaannya berlangsung lancar. ”Ya, hanya ada 1 siswa yang absen, karena sedang  operasi usus buntu, dari semua yang ikut sebanyak 1231 siswa yang mengikuti ujian UNBK kali ini,” jelasnya melalui pesan singkat.

Disebutkan, dari seluruh siswa yang ikut ujian UNBK kali ini dengan perincian dari SMK Eka Widya Semara 12 siswa, dari SMKN 1 Klungkung 456 siswa, dari SMK Kesehatan Panca Atma Jaya 32 siswa, dari SMK Yapparindo 396 siswa, dan dari SMK PGRI  Klungkung 56 siswa. Dari SMK  TI Global 11 siswa, dari SMK 1 Nusa Penida 268 siswa. Jadi siswa keseluruhan yang ikut ujian UNBK tota1 231 orang siswa.

Ujian UNBK di SMKN 1 Klungkung menurut Kepala Sekolah I Wayan Siarsana SPd pelaksanaan ujian UNBK untuk sesi satu sudah berjalan lancar. Surat sudah dilayangkan  kepihak  PLN untuk bantuan menjaga kondisi kelistrikan agar tidak ada pemadaman selama UNBK berlangsung. “Dalam 1 sesi, ada tiga kali. Peserta  semua sebanyak 456 siswa. Terbagi tiga sesi pelaksanaan ujiannya. Kita gunakan 4 lab. Internet bagus, 100 mbps. Sementara untuk kehadiran anak anak untuk mengikuti ujian sudah kita umumkan kemarinnya. Sampai parkir agar terpisah sasi satu, dua, dan tiga diatur. Kami cek anak2 kebadirannya,” teranggnya.

Menurtnya sekolah sudah menyiapkan sebanyak 160 komputer. Semuanya milik sendiri. Sebelum ujian dimulai seluruh siswa sampai kita beri waktu sembahyang selama  30 mnit  dengan harapan pelaksanaan ujian bisa lancar. ”Nanti siswa SMAN 1 Dawan dan  SMA Pariwisata juga ujian UNBK nya disni untuk sebanyak  135 siwa .  Karena mereka belum punya laboratorium jadi digunaksn 2 lab nantinya,” ujarnya.

Dari pantauan pelaksanaan UNBK, Senin (2/4), salah seorang siswi Kelas 12 akutansi Sendi Novita (17) alamat Tegak menyebutkan saat  sesi kedua agak deg-degan dan takut. “Padahal sebelumnya sudah latihan mengerjakan soal serta  simulasi termasuk latihan kisi-kisi ujian,” sebutnya.

Hal yang sama diutarakan oleh siwi lainnya  Ni Luh Ari Wayuni. Menurutnya, saat sesi kedua ada yang  jawaban tidak bisa diklik di komputer dan sudah dilaporkan  ke pusat. Padahal sudah disiapkan 4 teknisi. Untuk di SMK Yaparindo ada 1 siswa tidak bisa klik 10 jawaan di komputer.