14 Banjar Bergerak Bersama Lawan Corona | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 23 Oktober 2020
Diposting : 2 April 2020 22:52
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune/ Disinfektan - Suasana pembagian disinfektan di kawasan Br. Abian Tubuh Kesiman.
Balitribune.co.id | Denpasar - Wabah virus Corona (Covid-19) menjadi musuh bersama. Itu sebabnya, seluruh komponen masyarakat bergerak bersama dengan Pemkot Denpasar bahu membahu untuk memutus rantai wabah yang mematikan ini. 
 
Tak terkecuali upaya dari 14 banjar di Kelurahan Kesiman, Kamis, membagikan cairan desinfektan gratis kepada warga masyarakat untuk melakukan penyemprotan secara mandiri. 
 
Empat belas banjar tersebut, yaitu  Banjar Ujung, Abian Tubuh, Cerancam, Dangin Tangluk, Pabean, Kusumajati, Kebonkuri Tengah, Kebonkuri Mangku, Kebonkuri Lukluk, Kebonkuri Klod, Dauh Tangluk, dan Banjar Dajan Tangluk.
 
Lurah Kesiman, I Gusti Ayu Suryani menjelaskan bahwa langkah yang dilakukan itu sesuai dengan arahan Pemkot Denpasar, yakni mengantisipasi penyebaran virus corona dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan. Kendati telah dilaksanakan oleh pemerintah hingga desa/lurah, banjar, dusun dan lingkungan juga aktif untuk melaksanakan secara mandiri.
 
Kami memang anjurkan masyarakat agar melaksanakan penyemprotan secukupnya secara mandiri di rumah masing-masing,” ujarnya.
 
Sementara Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai selaku Jubir Satgas Penanggulangan Covid 19 Kota Denpasar menyampaikaan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama melaksanakan beragam upaya dalam memutus penyebaran virus corona ini.
 
Dewa Rai menambahkan selain melakukan penyemprotan disinfektan   juga dilaksanakan pemantauan bagi WNA/WNI dengan riwayat berkunjung ke negara tertular, orang yang kontak dengan positif covid, bekerja atau mengunjungi faskes yang menangani kasus. Pengecekan dan pemeriksaan di prioritaskan pada orang yang memiliki riwayat perjalanan ke negara tertular dengan sistem jemput bola.
 
“Penyemprotan disinfektan ini dilaksanakan secara bertahap dan berkala dengan menyasar fasilitas publik, dan kami informasikan kepada masyarakat jika menemukan ciri-ciri kasus, masyarakat dapat melapor ke call center 112 dan 223333 yang telah terintegrasi dengan Damakesmas,” ujar Dewa Rai.
 
Dewa Rai juga mengimbau masyarakat agar memperhatikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Tujuannya tak lain adalah untuk mencegah serta mengantisipasi penyebaran virus Corona. Semua upaya itu, katanya, diperlukan kesadaran masyarakat untuk aktif menerapkan PHBS dan CTPS, yang dimulai dari rumah tangga dan keluarga. 
 
Selain itu, katanya, diperlukan juga penerapan etika batuk atau bersin dengan memperhatikan orang-orang sekitar. Hal lainya yang tak kalah penting adalah mengurangi bepergian ke tempat yang ramai atau terdapat kerumunan massa. 
 
"Mari kita bersama waspada, dengan menerapkan bersama upaya cegah dini dan antisipasi, sehingga penyebaranya dapat di blokir dan diantisipasi," paparnya.