16 Pejabat Berebut Posisi Kadis, Rekam Jejak Akan Ditelusuri | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 28 September 2020
Diposting : 1 February 2020 02:09
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/ I Made Budiasa
balitribune.co.id | Negara - Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon IIB) Pemkab Jembrana kini telah bergulir. Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, 16 pejabat akan menghadapi tahapan selanjutnya untuk memperebutkan empat jabatan level kepala dinas tersebut. Jabatan Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang paling banyak pemindat.
 
Ada empat lowongan jabatan Eselon IIB yang dibuka yakni Kasatpol PP, Kadis Kesehatan, Kadis Dukcapil dan Kepala Badan Kesabangpol. Lowongan jabatan Kadis Dukcapil Jembrana paling banyak peserta. Ada 6 orang pejabat yang melamar yakni Kabag Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Setda Jembrana I Ketut Armita, Sekdis Perpustakaan dan Kearsiapan Jembrana I Putu Agus Artana Putra, Sekdis Lingkungan Jembrana Dewa Gede Ary Candra, Kabag Perlengkapan Setda Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra, Kabag Pemerintahan Setda Jembrana Edy Sudarso, dan Sekretaris Satpol PP Jembrana I Komang Dhiyatmika.
 
Jabatan Kaban Kesbangpol Jembrana diperebutkan empat penjabat yakni Camat Mendoyo I Putu Nova Noviana, Sekretaris Badan Kesbangpol Jembrana I Wayan Suparsa, Kalak Badan BPBD Jembrana I Ketut Eko Susila Artha Permana, dan Kabag Organisasi Setd) Jembrana I Ketut Santikayasa. Sedangkan untuk lowongan jabatan Kasatpol PP yang lolos tahap seleksi administrasi sebanyak tiga orang pelamar yang semuanya camat. Ketiga camat yang melenggang ke tahap selanjutnya yakni Camat Jembrana I Made Leo Agus Jaya, Camat Negara I Wayan Andy Suka Anjasmara, dan Camat Melaya I Putu Gde Oka Santhika.
 
Tiga pejabat lolos ke tahap selanjutnya pada lowongan jabatan Kadis Kesehatan Jembrana. Salah satunya bahkan pejabat eselon IIB, yakni Kadis Sosial Jembrana Made Dwipayana. Pesaingnya yakni Dokter Ahli Madya pada RSU Negara Ni Putu Eka Indrawati, beserta Direktur RSU Negara I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata. 
 
Kepala Badang Kepegawaian dan Permbedayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jembrana I Made Budiasa mengatakan, hasil seleksi adminitrasi tersebut sudah memenuhi syarat jumlah minimal pelamar di masing-masing jabatan. Menurutnya harus ada minimal 3 pelamar ke tahap seleksi selanjutnya. Mereka selanjutnya akan mengikuti tes kompetensi oleh asesor, tes wawancara dan penelusuran rekam jejak. “Setelah ini ada tes komptensi oleh asesor dijadwalkan di ruang rapat Badan Kesbangpol Jembrana tanggal 3 Februari dan 4 Februari. Sedangkan untuk wawancara dan rekam jejak, jadwalnya akan ditentukan setelah tes kompetensi nanti,” ungkap Sekretaris Pansel Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Jembrana ini. 
 
Tes kompetensi nanti akan dilakukan tim asesor dari Unit Pelayanan Penilaian Komptensi (UPPK) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sedangkan untuk tim yang nantinya bertugas melakukukan tes wawacara dan penelusuran rekam jejak, terdiri dari 5 orang, dua dintaranya dari Pansel sendiri. Pansel nantinya akan melaporkan urutan rangkian 3 besar di masing-masing jabatan kepada Bupati sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). PPK akan memilih salah satunya untuk diusulkan mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatu Sipil Negara (KASN) Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).