1.978 Paket Sembako Disalurkan GMT Untuk 15 Banjar Dinas di Desa Seraya dan Penaban | Bali Tribune
Diposting : 7 July 2020 19:59
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / BANTUAN - Penanggungjawab GMT I Gusti Made Tusan menyerahkan bantuan untuk warga di desa seraya, Karangasem

balitribune.co.id | Amlapura - Seetelah sebelumnya meyerahkan bantuan 1.907 paket sembako di Desa Seraya Barat, Selasa (7/7/2020) Semeton GMT kembali turun untuk menyerahkan bantuan 1.667 paket sembako untuk membantu kesulitan yang dialami oleh masyarakat di Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem. 

Penyerahan bantuan dilaksanakan oleh Penanggungjawab GMT, I Gusti Made Tusan, bersama mantan Wakil Bupati Karangasem, I Made Sukerana, anggota DPRD Karangasem dari Fraksi Golkar I Komang Mustika Jaya, anggota DPRD Karangasem dari Fraksi Nasdem, I Made Juita, serta sejumlah tokoh masyarakat Desa Seraya secara simbolis, dan diterima oleh masing-masing Klian Banjar di desa setempat.

Untuk di Desa Seraya Tengah sendiri, jumlah banjar dinas yang disaluri bantuan sebanyak 15 Banjar Dinas, artinya bantuan dibagikan secara merata kepada seluruh kepala keluarga yang ada di desa yang juga merupakan daerah tandus di Kabupaten Karangasem ini. Tokoh masyarakat Desa Seraya, yang juga anggota DPRD Karangasem dari Fralsi Nasdem, I Made Juita, dalam kesempatan itu menyampaikan jika wabah Covid 19 yang masih terjadi sampai saat ini, semakin menyulitkan warga di desanya dari sisi ekonomi.

Selain sebagai nelayan, sebagian besar warganya juga menggantungkan hidup dari hasil pertanian tadah hujan, yakni dengan menanam jagung seraya. Namun sayang hampir sebagian besar lahan pertanian jagung milik warga di desanya tersebut terserang hama Grayat atau hama ulat daun sehingga mengalami gagal panen. Belum lagi kesulitan pangan yang dihadapi oleh warganya akibat gagal panen, kini kondisi makin disulitkan dengan dampak wabah Covid-19 yang berkepanjangan, dimana warganya tidak bisa beralih profesi menjadi tukang dan buruh bangunan akibat tidak adanya proyek.

“Bantuan dari keluarga besar GMT ini sangat berarti bagi warga kami, dan bantuan ini cukup membantu meringankan beban ekomoni yang dihadapi warga kami. Sekali lagi kami menyampaikan terimakasih kepada GMT,” ungkapnya.

Sementara itu, Penanggungjawab GMT, I Gusti Made Tusan, mengatakan pihaknya akan berupaya cepat menyalurkan bantuan kepada masyarakat jika ada usulan yang masuk ke Sekretariat GMT. “Kami dari GMT akan berusaha semaksimal mungkin membantu masyarakat yang tengah mengalami kesulitan untuk memenuhi bahan kebutuhan pokok. Begitu ada usulan, kami langsung proses dan salurkan secepat mungkin,” tandasnya.

Sementara itu, selain di Desa Seraya Tengah, bantuan juga disalurkan GMT di Kampung Penaban Islam sebanyak 27 paket, Penabah Hindu 196 paket serta di Lingkungan Bukit Ngandang sebanyak 88 paket.