Diposting : 15 February 2019 22:41
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune, Denpasar – Kemajuan teknologi informasi tentunya memberikan keuntungan untuk berbagai pihak baik itu perbankan pengusaha dan masyarakat. Hal ini pun dimanfaatkan oleh perbankan dalam memberikan kemudahan pelayanan keuangan kepada para nasabah.
Begitu pun untuk transaksi belanja diberbagai merchant, para nasabah perbankan kini sudah dipermudah dengan bermacam pilihan fasilitas transaksi mulai dari penggunaan internet banking, kartu uang elektronik dan sekarang ini menyusul pembayaran elektronik dengan menggunakan ponsel.
Seperti disampaikan Pemimpin PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Denpasar, Dedi Sunardi beberapa waktu lalu di Denpasar bahwa pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan berbasis digital pada tahun 2019 ini. "Digital BRI tahun ini dengan electronic payment. Kalau dengan Brizzi (kartu uang elektronik) sudah biasa. Sekarang kartu sudah mulai ditinggal. Sekarang semua pakai handphone pakai barcode. Sekarang perbankan sudah punya electronic payment hanya dengan menggunakan handphone," paparnya kepada awak media.
Terkait transaksi elektronik yang baru-baru ini dikeluarkan oleh bank plat merah tersebut yaitu MyQR adalah pembayaran belanja yang semakin mudah dengan cara scan kode QR (quick response di merchant-merchant MyQR dengan maksimum saldo sebesar Rp 2 juta. "Juga bisa dipakai belanja online. Tidak perlu membawa kartu," kata Dedi.
Selain itu fasilitas digital lainnya adalah mobile banking baru (BRImo) juga mempermudah transaksi berbasis internet atau terhubung ke email dengan biaya yang lebih murah daripada mobile banking sebelumnya. "Dulu kita punya mobile banking yang basisnya SMS. Tapi sekarang pakai internet yaitu BRImo fungsinya sama, namun biaya mobile berbasis SMS lebih mahal. Mobile banking baru ini biayanya setengah dari mobile banking sebelumnya. Dua hal ini yang akan kita kembangkan di tahun 2019," imbuhnya.