60 Pengendara Terjaring Razia | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 27 Januari 2023
Diposting : 1 June 2016 14:45
I Made Darna - Bali Tribune
razia
RAZIA GABUNGAN - Tim gabungan Dishubkominfo dan Polres Badung melaksanakan rahasia gabungan di Jalan Raya Munggu, Mengwi Badung, Selasa (31/5).

Mangupura, Bali Tribune

Razia gabungan, Selasa (31/5) digelar Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Badung bekerjasama dengan Polres Badung di Jalan Raya Munggu, Mengwi Badung. Dalam operasi tersebut 60 pengendara ditilang dengan beragam pelanggaran.

Razia sendiri dipimpin Kabid Lalu Lintas Dishubkominfo Tofan Priyanto dan Sat Lantas Polres Badung Iptu Pol. I Ketut Gunaksa. Adapun jenis pelanggaran yang ditemukan diantaranya tidak memiliki ijin pariwisata, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan tidak membawa kelengkapan perizinan sebanyak 34 pelanggar. Dan pengendara seperti tidak membawa SIM, STNK, tanpa helm serta pelanggaran lainnya sebanyak 26 pelanggar.

Menurut Tofan Priyanto kegiatan ini diselenggarakan secara rutin sebagai bentuk pengawasan dan penertiban lalu lintas. Kegiatan ini dilaksanakan setiap dua kali seminggu dengan menyasar laik jalan angkutan umum dan angkutan barang, termasuk tertib dalam perizinan. “Sasaran kami adalah mewujudkan tertib lalu lintas baik dari sisi administrasi maupun teknis sehingga pelanggaran yang terjadi bisa ditekan,” ujarnya.

Hal-hal yang berkaitan dengan Dishubkominfo diantaranya di bidang perizinan angkutan laik jalan kendaraan bermotor laik uji. Jika ada pelanggaran maka sanksi yang akan diberikan sesuai dengan UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, yaitu bahwa setiap kendaraan yang digunakan untuk mengangkut penumpang atau barang umum harus memenuhi persyaratan administrasi maupun persyaratan laik jalan dan persyaratan teknis lainnya.

"Untuk kendaraan yang melanggar akan dilakukan pemeriksaan, kemudian barang buktinya akan ditahan dan bukti yang didapat akan dikirim ke pengadilan secara berkala yaitu hari Rabu dan Jumat dan dilakukan proses pengadilan," kata Tofan.

Sementara Sat Lantas Polres Badung Iptu Pol. I Ketut Gunaksa menambahkan adapun barang bukti yang disita oleh petugas diantara lain SIM sebanyak 2 lembar, STNK 20 lembar Sepeda Motor 2 buah  dan teguran 2 lembar.