Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

6000 Perhari Kunjungan Platform Denfest Ke-13

Bali Tribune/ Kegiatan Denfest Ke-13 Tahun 2020 yang berlangsung secara daring dengan platform kreativi Denpasar
Balitribune.co.id | Denpasar -  Denpasar Festival (Denfest) Ke-13 yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 tetap memberikan suguhan mata acara dan ruang kreatif bagi insan seni. Menjadi festival daring terpanjang selama tiga bulan dari Oktober hingga Desember dalam platform kreativi Denpasar yang menghadirkan negara.
 
“Tentu berbeda dalam pelaksanaan Denfest tahun ini melalui dua platform yakni kreativi.id sebagai informasi acara dan Dmarket sebagai platform marketplace dengan kunjungan 105 mata acara. Terdapat 6000 sampai dengan 13.000 pengguna mengakses setiap harinya platform Denfest, serta 500 ribu kali disaksikan oleh 10 perhari mencapai 6000 bahkan melebih dari angka tersebut,” ujar Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Kota Denpasar Putu Yuliartha, Minggu (6/12).
 
Lebih lanjut Putu Yuliartha mengatakan pelaksanaan festival tahun ini dikemas berbeda dengan pelaksanaan secara daring. Hal ini juga sebagai upaya untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19, dalam hal pemulihan ekonomi. Masa pandemi merubah pola kita pelaksanaan festival dengan melihat perkembangan teknologi saat ini. Hal ini menjadi jalan keluar untuk membawa gelaran Denfest tahun ini dalam ranah baru melalui akses dalam genggaman.
 
Pembuatan platform menjadi tujuan yang mengkemas ratusan ragam acara dan kegiatan secara daring. Dari pelaksanaan Denfest melalui report platform yakni pada 1 September hingga 30 November dengan keterlibatan 27 komunitas dan 64 pelaku kreativ mencapai 6 ribu sampai dengan 13 ribu kunjungan setiap harinya.
 
Kemudahan mengakses mata acara setiap harinya pada platform yang juga disaksikan 500 ribu kali oleh 10 negara. Meliputi Negara Indonesia, United States, China, Australia, Singapore, Netherlands, Hongkong, United Kingdom, Japan dan Negara India. Mata acara tersebut meliputi Art and Creative Talk, Denpasar Young Creative, Denpasar Music Jam higga parade budaya. 
 
“Selama periode September hingga November, platform telah diakses 17.867 pengguna dengan 72.084 kali penayangan. Dari seluruh pengguna 72,2 persen mengakses platform setiap harinya secara berkala,” ujar Putu Yuliartha.  
 
Lebih lanjut dijelaskan bahwa selama September-November periode penayangan kegiatan tersebut diperoleh melalui pengguna yang langsung mengakses halaman platform sebanyak 32,7 persen, dan melalui link eksternal media sosial sebanyak 22,3 persen. 
 
Terlihat akses pengguna laki-laki dan perempuan berimbang dalam platform, dengan pengunjung terbanyak terdapat pada usia 25-34 tahun dengan jumlah 36,7 persen yang disusul usia 53-44 tahun sebanyak 18,7 persen. Adanya report platform ini kedepan mampu sebagai acuan dalam pelaksanaan Denfest yang memungkinkan secara online maupun ofline. “Tentu kami menjadikan report ini sebagai acuan dalam pelaksanaan festival tahun berikutnya, yang melihat suguhan mata acara hingga kunjungan rentan usia,” ujarnya.
 
Sementara Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dispar Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana mengatakan kolaborasi menjadi hal penting dalam pelaksanaan Denfest tahun ini. Dari keberadaan Bkraf sebagai motor penggerak pelaksanaan Denfest dengan keterlibatan para insan seni Denpasar. 
 
“Kami melihat kemudahan dalam bentuk digitalisasi, tapi penyiapan platform bukan sekedar bentuk dan webnya saja yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana program atau konten yang ditampilkan sehingga progresnya berkelanjutan,” ujar Hendaryana.
wartawan
I Wayan Sudarsana
Category

Merayakan Natal di Tengah Kemerosotan Ekologis

balitribune.co.id | Sebentar lagi gereja sejagat merayakan Natal. Liturgi meriah, paduan suara gegap gempita. Banyak kota-kota di dunia juga di Indonesia memberi warna dan ciri tersendiri. Ada pohon natal menjulang tinggi, dihiasi lampu warna-warni. Pernak pernik Natal ini dipasang di banyak sudut kota, di mall, pusat keramaian dan sebagainya.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Libur Nataru 2025/2026, BRI Denpasar Siapkan Kas Rp 1 Triliun

balitribune.co.id | Denpasar - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui BRI Region 17/Denpasar memastikan kesiapan layanan perbankan bagi masyarakat selama periode libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), khususnya di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.