647 Mahasiswa di Jembrana Peroleh Beasiswa Hampir Rp 2 Miliar | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 14 Juli 2024
Diposting : 26 December 2017 19:31
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Beasiswa
647 Mahasiswa di Jembrana Peroleh Beasiswa Hampir Rp 2 Miliar

Para mahasiswa peroleh beasiswa di Negara, Jembrana.

 

 

BALI TRIBUNE - Sebanyak 647 orang mahasiswa di Jembrana yang berprestasi dinyatakan lolos verifikasi memperoleh beasiswa. Total dari beasiswa yang digelontorkan dari APBD Kabupaten Jembrana sebanyak Rp 1,941 Miliar.

Pemkab Jembrana telah menganggarkan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi ini setiap semester. Untuk semester genap kali ini, pencairan beasiswa tersebut dipusatkan di Gedung Kesnian Bung Karno Jembrana, Tepat pada hari ibu 22 Desember lalu.

Penyerahan disaksikan langsung Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan dan Ketua DPRD Kabupaten Jembrana, I Ketut Sugiasa serta Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, I Putu Eka Suwarnama serta beberapa pimpinan OPD. 

Wabup Kembang disela-sela penyerahan beasiswa meminta agar mahasiswa menjadi generasi yang tangguh, cerdas dan pintar. Ia juga mengingatkan para mahasiswa penerima beasiswa agar menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter “Saya harapkan mahasiswa Jembrana sebagai generasi muda bangsa mampu menciptakan Sumber daya Manusia yang tangguh, cerdas dan pintar. Ini kita bangun agar mereka mampu kedepan berkompetisi di dunia global. Dengan demikian, beasiswa yang kita berikan kepada para mahasiswa selalu lita pertahankan, “ujarnya.

Wabup Kembang menyebutkan besarnya beasiswa yang dianggrkan oleh Pemkab Jembrana totalnya mencapai Rp. 4 milyar lebih selama satu tahunnya. “Selama setahun beasiswa yang kita siapkan kepada para mahasiswa yang berprestasi mencapai Rp. 4,301 Milyar selama setahun,"jelasnya. 

Beasiswa yang digelontorkan itu menurutnya diperuntukkan kepada para mahasiswa asal Jembrana yang berprestasi  didaerah manapun mereka kuliah kecuali mereka mengikuti kuliah di luar Negeri.

Wabup, Kembang meminta para mahasiswa agar memanfaatkan beasiswa yang dengan baik. Dana sebesar Rp. 500 ribu setiap bulannya tentu dirasa sangat berguna untuk membantu mahasiswa dan orang tuanya untuk memenuhi kebutuhan kuliah, "saya minta manfaatkan dan pergunakan beasiswa yang diterima sebaik-baiknya. Gunakan untuk hal-hal produktif untuk keperluan pendidikan. Bukan sebaliknya untuk konsumtif" tegas Wabup Kembang.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Jembrana, I Putu Eka Suwarnama menyebutkan beasiswa berprestasi yang di serahkan  saat ini besarnya mencapai Rp. 4,301 Miliar. Beasiswa sebesar itu menurutnya diserahkan dalam dua tahap yakni, semester pertama untuk 787 mahasiswa sebesar Rp. 2,361 Milyar dan semester kedua sebesar Rp. 1. 941 Milyar dan diberikan kepada 647 mahasiswa. Pihaknya mengakui dari total 656 orang mahasiswa yang mengajukan permohonan pada semester kedua ini ada beberapa yang gugur.

Hal itu menurutnya disebabkan dari verifikasi yang dilakukan terhadap seluruh kelengkapan persyaratan ternyata ada sembilan orang tidak memenuhi syarat. "Yang tidak lolos verifikasi yakni satu orang karena tidak memenuhi ketentuan syarat IPK, tujuh orang sudah menamatkan kuliahnya dan seorang lagi tidak ada kesanggupan menyatakan KHS yang diterbitkan oleh Universitasnya" pungkas mantan Camat Melaya ini.