Ada JKN-KIS, Ibu Selamat Anak Pun Sehat | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 16 April 2021
Diposting : 22 March 2021 16:22
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ Narasumber : Erna Yuwanita Mustika (34)
balitribune.co.id | Denpasar – Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah program yang wajib diikuti oleh seluruh rakyat Inonesia dan memiliki manfaat yang sangat besar. Salah satu manfaat Program JKN-KIS yang sangat membantu masyarakat, khususnya para ibu adalah kemudahan saat menjalani persalinan tanpa mengeluarkan biaya.
 
Erna Yuwanita Mustika (34), salah satu dari jutaan ibu yang melahirkan dengan JKN-KIS. Erna begitu sapaannya adalah peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) kelas 2 dan berkenan membagikan pengalamannya menggunakan JKN-KIS. Erna sangat bersyukur lantaran dirinya sangat terbantu dengan adanya Program JKN-KIS.
 
“Ini adalah pengalaman pertama saya melahirkan menggunakan JKN-KIS melalui proses sectio caesarea (SC) atas rekomendasi dokter,” kenang Erna.
 
Seperti yang diketahui, jika melahirkan melalui proses SC berbeda dengan melahirkan melaui proses normal dan tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit, apalagi sang suami hanya berprofesi sebagai seorang pengemudi di salah satu perusahaan di Denpasar.
 
“Saya sangat bersyukur lantaran seluruh biaya mulai dari proses administrasi, pemeriksaan awal, persalinan hingga pemulihan paska bersalin ditanggung penuh JKN-KIS,” ungkap Erna.
 
Erna sangat mendukung adanya Program JKN-KIS, karena baginya program ini adalah bentuk perhatian pemerintah kepada rakyatnya dalam hal jaminan kesehatan. Bagi Erna, menjadi peserta JKN-KIS bukan hanya kewajiban sebagai warga negara yang baik, tetapi juga bentuk proteksi diri dan keluarga jika suatu saat memerlukan penanganan medis.
 
“Pelayanan di rumah sakit sangat bagus, perawatnya sangat baik dan kamar rawat inapnya juga bersih serta nyaman. Untuk pendaftaran putra saya yang baru lahir, sudah langsung difasilitasi pihak rumah sakit sehingga kami sebagai orang tua semakin terbantu,” jelas Erna.
 
Erna memiliki harapan besar agar Program JKN-KIS dapat terus berjalan, karena manfaatnya sangat luar biasa. Dirinya mengaku tenang dan sangat berterima kasih dengan adanya Program JKN-KIS, karena ia bisa melahirkan dengan tenang tanpa memikirkan biaya untuk bersalin. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler