AIFED Bahas Strategi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Setelah Pandemi | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 30 Mei 2023
Diposting : 6 December 2022 19:31
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / Prof. Suahasil Nazara
balitribune.co.id | BadungPertemuan Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED) ke-11 berlangsung 6 hingga 7 Desember 2022 di Badung, membahas strategi kebijakan pasca-pandemi Covid-19 untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. 
Pertemuan penting ini merupakan kerjasama antara Kementerian Keuangan Republik Indonesia dengan Pemerintah Australia dan Asian Development Bank.
 
Pada kesempatan tersebut Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Prof. Suahasil Nazara mengatakan, AIFED kali ini difokuskan mengenai kebijakan ekonomi dalam mengatasi ketidakpastian dan merebut peluang pertumbuhan baru. Menurutnya, pengambilan strategi kebijakan makro fiskal sangat diperlukan untuk menjawab tantangan terkini dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang seimbang, inklusif dan berkelanjutan.
 
Selain itu kata dia, diperlukan pertimbangan arah kebijakan ekonomi kedepan dalam memanfaatkan perubahan dan peluang, serta pengembangan lebih lanjut untuk kerangka ekonomi dan pembiayaan hijau. Melalui forum ini, Kementerian Keuangan ingin bertukar pandangan dan gagasan dengan berbagai pihak dalam mengidentifikasi tantangan dan menyiapkan strategi kebijakan fiskal.
 
"AIFED ini kita maksudkan sebagai tempat untuk bertemu berbagai macam pemikiran yang dibawa oleh teman - teman dari akademisi, lembaga penelitian, ekonom, profesional, dan juga pembuat kebijakan khususnya di Kementerian Keuangan dan kementerian lain yang hadir dalam satu kegiatan bersama mendiskusikan banyak hal mengenai pembangunan ekonomi Indonesia," jelasnya. 
 
Ia mengatakan pengalaman selama 2 tahun terakhir, ekonomi dan kesehatan menjadi sangat penting serta memberikan perspektif baru bagaimana mengelola ekonomi makro, fiskal, moneter, kebijakan di sektor ketenagakerjaan dan berbagai macam sektor lainnya untuk Indonesia lebih baik kedepan.