Ajang Promosi Pariwisata Bali, Sejumlah Festival Digelar Desember 2023 | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 22 Juli 2024
Diposting : 30 November 2023 20:03
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / Tjok Bagus Pemayun

balitribune.co.id | DenpasarKepariwisataan regional, nasional hingga global sempat mengalami keterpurukan akibat Covid-19. Di tahun 2023 ini,kegiatan pariwisata di Bali sudah kembali bangkit seiring dengan penurunan jumlah penularan virus Covid-19 dan saat ini telah memasuki masa transisi dari pandemi ke endemi. "Perubahan dan adaptasi harus kita lakukan dengan harapan agar kondisi menjadi lebih baik di masa datang," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun saat menyampaikan Bali Calendar of Events 2023 yang disusun Dinas Pariwisata Provinsi Bali beberapa waktu lalu. 

Dikatakannya, setiap tahun, Pemerintah Bali melalui Dinas Pariwisata menghimpun event-event atau kegiatan wisata, budaya, MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition), dan olahraga yang tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Bali. "Kami menyusun Bali Calendar of Events 2023 yang bertujuan untuk memberikan informasi sekaligus referensitentang event-event yang akan dilaksanakan di Bali," katanya. 

Tjok Pemayun menegaskan, meskipun angka penularan virus Covid-19 sudah melandai, penerapan protokolkesehatan harus tetap menjadi perhatian. "Event pun akan diselenggarakan atas pertimbangan kondisi dan peta epidemiologis masing-masing daerah," ujarnya.

Ia membeberkan, pada Desember 2023 ini terdapat beberapa festival di Bali diantaranya Penglipuran Village Festival Kabupaten Bangli yang berlangsung 7-9 Desember 2023. Penglipuran Village Festival merupakanajang promosi, pelestarian budaya, pelestarian alam, dan memberikan peluang kepada UMKM untuk berinovasi dan berkreativitas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

Denpasar Festival di Kota Denpasar pada 22-25 Desember 2023. Denpasar Festival merupakan acara pergelaran/festival yang menampilkan keragaman dan kekayaan ekspresi dan kreativitas yang lekat dengan Kota Denpasar. Selanjutnya, Pandawa Beach Festival Kabupaten Badung yang digelar 25 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024. Festival ini menghadirkan pertunjukan seni musik dan tari hingga festival dari rumput laut khas Pantai Pandawa, ada juga atraksi dan pertunjukkan kebudayaan Bali.