Aksi Donor Darah Golkar Bali Lampaui Target | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 20 Oktober 2020
Diposting : 12 July 2020 23:12
San Edison - Bali Tribune
Bali Tribune/ DONOR DARAH - Partai Golkar Bali melaksanakan aksi sosial bertajuk “Gerakan Kemanusiaan Serentak Donor Darah 1.000 Kantong Darah Kader-Kader Partai Golongan Karya Seluruh Bali”.
balitribune.co.id | Denpasar - DPD Partai Golkar Provinsi Bali terus menunjukkan totalitasnya membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Kali ini, Partai Golkar Bali melaksanakan aksi sosial bertajuk “Gerakan Kemanusiaan Serentak Donor Darah 1.000 Kantong Darah Kader-Kader Partai Golongan Karya Seluruh Bali”.
 
Aksi sosial yang dilaksanakan Minggu (12/7) ini digelar serentak di tingkat provinsi serta di seluruh kabupaten/kota di Bali bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Bali. Kegiatan ini melibatkan jajaran pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Bali, DPD Partai Golkar Kabupaten/ Kota se-Bali, organisasi sayap partai, kader serta simpatisan. Bahkan masyarakat umum juga banyak yang terlibat. 
 
"Kegiatan ini kami laksanakan serentak di Wantilan Kantor DPD Partai Golkar Provinsi Bali dan seluruh DPD Partai Golkar Kabupaten/ Kota se-Bali. Kegiatan dilaksanakan dengan SOP Covid-19 yang sangat ketat," jelas Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr I Nyoman Sugawa Korry, usai kegiatan tersebut. 
 
"Dari 1.600 orang yang mendaftar, setelah proses checking oleh PMI, terkumpul 1.050 kantong darah. Jadi melampaui target," imbuh politikus senior asal Buleleng ini. 
 
Sugawa Korry pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus, kader hingga masyarakat umum yang terlibat dalam aksi sosial ini. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 masih melanda saat ini, stok darah di PMI semakin menipis. Apa yang dilakukan Partai Golkar Bali tersebut, tentu sangat membantu di tengah tingginya kebutuhan akan darah ini. 
 
"Kami sangat mengapresiasi semua yang terlibat. Dan, kader-kader Golkar akan terus merawat dan mempertebal rasa kemanusiaan, simpati dan empati dalam membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini, termasuk menjaga ketersediaan stok darah," jelas Sugawa Korry, yang turut mendonorkan darah dalam aksi tersebut. 
 
“Kami fokus bantu yang tercecer. Seperti persediaan darah di PMI sangat tipis dan pengadaan darah tidak bisa di-APBD-kan. Karenanya, Golkar Bali mencoba membantu persediaan darah lewat berbagai gerakan donor darah,” lanjut Sugawa Korry, yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali ini.
 
Aksi sosial Golkar Bali ini disambut positif oleh PMI. Apalagi, menurut Kepala UTD PMI Bali dr Gede Patra, pada masa pandemi Covid-19 ini PMI Bali baru bisa memenuhi permintaan darah dari rumah sakit se-Bali sebesar 50 persen. Sementara di masa new normal, diprediksi PMI bisa memenuhi permintaan hingga 64 persen seiring dengan mulai ada aktivitas donor darah massal dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
 
“Kami harapkan bisa memenuhi minimal 90 persen kebutuhan darah saat normal. Dimana kebutuhannya 125 sampai 160 kantong darah segar. Saat ini baru di angka 90 sampai 100 yang mampu kami penuhi,” papar Patra. 
 
Apresiasi juga dilontarkan Ketua PMI Bali IGB Alit Putra. "Partai Golkar adalah partai yang pertama melakukan gerakan ini dan diharapkan diikuti oleh kelompok masyarakat lainnya. Jadi kami sangat mengapresiasi," ujar Alit Putra, yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali.