Diposting : 19 March 2020 07:30
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ MENINGKAT - Aktifitas bongkar muat barang di Pelabuhan Banjar Bias, Kusamba meningkat tajam.
balitribune.co.id | Semarapura - Pasca merebaknya isu penyebaran Virus Covid 19 di Klungkung, ada hal yang menarik terkait aktivitas bongkar mjuat barang di Pelabuhan Rakyat Banjar Bias, Desa Kusamba, Klungkung. Kegiatan pengiriman barang berupa sembako begitu meningkat tajam dari pantauan wartawan, Rabu (18/3). 
 
Bendega kapal janggolan mengakui pengiriman barang berupa sembako dan material ke wilayah Nusa Penida malah meningkat tajam. Peningkatan ini kemungkinan adanya kekawatiran masyarakat utamany Warga pemilik warung baik yang ada di Klungkung daratan maupun yang ada di Nusa Penida yang mulai banyak mengirim pasokan cadangan barang utamanya sembako ke Nusa Penida. Mereka kemungkinan  karena khawatir pelabuhan bakal ditutup akibat merebaknya virus Covid-19 di dunia termasuk di Klungkung ini..
 
Peningkatan aktipitas bongkar muat barang di pelabuhan Banjar Bias,Kusamba ini dibenarkan oleh Kepala gudang di pelabuhan Br. Bias, Nyoman Sukadana. Dia   mengatakan, pengiriman barang ke Nusa Penida khususnya Lembongan dan Jungutbatu mulai meningkat tajam sejak lima hari yang lalu. “Benar ada peningkatan tajam pengiriman barang berupa sembako ke wilayah Nusa Penida utamanya ke Lembongan,” terangnya.
 
Pengiriman barang yang biasanya dilakukan sekali menggunakan sampan, kini bisa dua atau tiga kali dalam sehari. Dia tidak menampik kondisi tersebut terjadi karena dampak masifnya pemberitaan  virus Covid-19 ini. “Warga juga takut kalau nanti pelabuhannya ditutup akibat virus Corona. Maka dari itu agar barang tidak menumpuk di pelabuhan maka langsung dikirim ke Nusa Penida lebih awal,” ujar Nyoman Sukadana.