Amankan Presidensi G20, Kasal Kerahkan Sejumlah Kapal Perang | Bali Tribune
Diposting : 13 May 2022 05:01
JOK - Bali Tribune
Bali Tribune / PENGHARGAAN- KASAL Laksamana TNI Yudo Margono menerima penghargaan "Ksatria Padma Nusantara" dari Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh Anak Agung Alit Kakarsana, Kamis (12/5).

balitribune.co.id | DenpasarKepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono siap mengerahkan sejumlah kapal perang untuk mengamakan perhelatan akbar Presidensi G20 di Bali, November 2022 mendatang.

Demikian disampaikan Kasal usai menerima penghargaan "Ksatria Padma Nusantara" dari Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh Anak Agung Alit Kakarsana, diatas KRI Surabaya-591 yang tengah berlayar dari Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Denpasar menuju perairan Bali dekat Selat Lombok, Kamis (12/5). Dikawal 3 kapal perang lainnya dan 2 heli selama palayaran dan kegiatan tersebut berlangsung.

Seluruh keluarga besar puri se-Bali senantiasa mendukung, mendoakan, dan berharap penganugerahan gelar kepada Kasal ini akan membawa kejayaan bagi TNI AL. Terkhusus kepada Kasal Laksamana TNI Yudo Margono juga diharapkan dapat memimpin Angkatan Laut dengan sebaik-baiknya dan menjaga serta mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara, Laksamana Yudo Margono, adalah seorang perwira tinggi (Pati) TNI-AL yang menjabat sebagai Kasal ke-27, sejak 20 Mei 2020, merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-XXXIII/tahun 1988. Sebelumnya, menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Selain beruntung dan berbahagia, hal ini merupakan kehormatan bagi dirinya keluarga besar TNI AL. Menurutnya, hal ini juga menjadi tanggung jawab besar dalam memimpin TNI AL, dan mewarisi semangat Patih Gajah Mada guna menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) yang mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

Kasal yang sudah bertugas selama 20 tahun di jajaran TNI AL siap memegang teguh dan melanjutkan cita-cita luhur dan Sumpah Amukti Palapa Maha Patih Gajah Mada yang memimpin kejayaan maritim pada masa Kerajaan Majapahit.

Turut hadir dan menyaksikan pemberian penghargaan ini, Keluarga Puri Blahbatuh, sejumlah pejabat Forkopimda Bali, termasuk Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), para Penglingsir Puri se-Bali, dan beberapa tokoh adat di Bali.

Jelang merapat di Pelabuhan Benoa, Kasal didampingi istri dan penglingsir puri  melakukan tabur bunga untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan bangsa. Sebelumnya, Kasal juga memberikan bantuan 200 paket sembako kepada nelayan di Pelabuhan Benoa, Denpasar Selatan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler