Angka Kemiskinan di Badung Terkecil | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 02 Desember 2020
Diposting : 22 November 2018 20:39
I Made Darna - Bali Tribune
Kadis Sosial Badung, Ketut Sudarsana

BALI TRIBUNE -Angka kemiskinan di Kabupaten Badung paling kecil dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Bali. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Badung I Ketut Sudarsana menyatakan, berdasarkan data statistik angka kemiskinan di gumi keris hanya 2,06 persen.

“Angka kemiskinan di Badung berdasarkan data statistik hanya 1,06 persen. Artinya, masih ada warga  miskin tapi sedikit,” ungkapnya belum lama ini.

Dari data tersebut  lanjut Sudarsana Badung menyandang predikat penduduk miskin terendah di Bali.

“Badung penduduk miskinnya paling sedikit di Bali,” tegas mantan Kepala BLH Badung itu.

Terkait masih adanya warga kurang mampu ini, Sudarsana mengaku terus melakukan update data. “Kami terus melakukan pendataan dan pengecekan,” kata Sudarsana.

Pihaknya juga tidak memungkiri bila ada warga miskin yang belum terdata.

“Tidak menutup kemungkinan masih ada yang tercecer. Jadi, kami terus melakukan pendataan,” terangnya sembari menyebut sebaran warga miskin  merata di seluruh kecamatan di Badung.

"Daerah selatan yang notabene pendapatannya relatif lebih besar dari utara memang persentasenya lebih kecil, karena kemiskinan itu secara relatif lebih banyak di pedesaan," jelasnya.

Pihaknya pun meminta aparat desa turut melaporkan apabila ada warganya yang miskin belum terdata. “Kalau ada warga miskin tak terdata, laporkan ke desa atau bisa langsung ke kami. Kami akan cek. Kalau  memang betul miskin tentu layak dibantu,” pungkasnya.