Antisipasi DBD, Dinkes Denpasar Lakukan Fogging | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 14 Juli 2024
Diposting : 10 January 2023 05:44
YPA - Bali Tribune
Bali Tribune / FOGGING - Petugas fogging di Lingkungan Pekandelan Kelurahan Kesiman. (ist)
balitribune.co.id | Denpasar – Antisipasi perkembangan nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Denpasar melakukan giat fogging di Lingkungan Pekandelan Kelurahan Kesiman, Senin (9/1/2023). Hal ini mengingat musim penghujan seperti saat ini membuat  perkembangbiakan vektor penular DBD mengalami peningkatan yang sangat pesat.
 
“Giat fogging ini diselenggarakan karena sebelumnya terdapat 2 orang yang positif DBD di Lingkungan Pekandelan. Juga untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk, serta meminimalisir kasus DB,” kata Lurah Kesiman I Nyoman Nuada.
 
Dimana giat ini turut diikuti perangkat Kelurahan Kesiman, Kepala Lingkungan, Prajuru Adat serta Kader Jumantik Kelurahan Kesiman. Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap kasus DB khususnya Kelurahan Kesiman dapat terkendali.
 
“Yang terpenting bagaimana muncul kesadaran semua lapisan masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan,” terangnya.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Provinsi Bali I Wayan Widia menjelaskan memasuki musim penghujan sejak akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023 membuat  rentan adanya berbagai macam penyakit. Terutama DBD yang sangat identik dengan musim hujan. Sehingga pihaknya mengimbau masyarakat untuk senantiasa waspada dan tentunya melakukan Gerakan 3M plus. 
 
“Menguras, menutup dan mendaur ulang serta melaksanakan pemantauan jentik dan menaburkan larvasida/abate di tempat-tempat yang menjadi tempat perkembangan nyamuk,” tandasnya.