Antisipasi Kesalahan, Pengkotakan Surat Suara Libatkan PPS | Bali Tribune
Diposting : 11 April 2019 22:06
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ LIBATKAN - Panitia pemungutan suara (PPS) dilibatkan dalam memasukkan surat suara ke kotak suara dan penyimpanan
balitribune.co.id | Gianyar - Pemasukan surat suar dalam jumlah yang banyak menjadi perhatian serius  KPUD Gianyar.  Sebab tidak menutup kemungkinan, terjadi kesalahanakibat  petugas yang kelelahan atau kebingungan. Menyikapi itu,  Panitia pemungutan suara (PPS) dilibatka agar langsung mengenali kotak suara mana yang digunakan pada bilik suara. Terlebih,  dalam pelaksanaan Pemilu 2019, bilik suara berjumlah lima buah per TPS, sehingga pada hari H, PPS bias bekerja secara efektif.
 
Ketua KPUD Gianyar Putu Agus Tirta Suguna, Rabu (10/4), mengungkapkan, tahapan KPU sebagai penyelenggara Pemilu saat ini adalah finalisasi surat suara dan persiapan distribusi surat suara ke masing-masing TPS. Rabu kemarin seluruh surat suara yang sudah terbungkus sesuai TPS didrop ke GOR Kebo Iwa, untuk dimasukkan ke kotak suara. Dalam  memasukkan surat suara ke kotak suara ini, KPU melibatkan PPS, agar mereka mengenali kotak suara dana logistic Pemilu yang akan digunakan. “Kami sengaja libatkan PPS, agar dapat mengenali kotak suara yang akan digunakan, sehingga persiapan pencoblosan berjalan efektif,” jelas Tirta Suguna.
 
Dengan keterlibatkan ini, harapnya  PPS bisa mengetahui dengan jelas surat suara yang nantinya digunakan saat pencoblosan di hari H. Tirta Suguna menjelaskan, bila PPS langsung menerima begitu saja surat suara dan kotak suara di TPS, petugas PPS akan kebingungan saat akan memulau pencoblosan, surat suara  mana pada pada bilik mana. “Ini tujuannya agar PPS mengetahui surat suara yang dimasukkan dan nantinya sebelum pencoblosan akan bekerja secara efektif di TPS,” jelas Tirta Suguna.
 
Lanjut Tirta Suguna, pada Pilkada sebelumnya KPU juga melibatkan PPS memasukkan surat suara ke kotak suara. Sehingga menurutnya selain persiapan pencoblosan berjalan efektif, PPS juga bias bekerja efektif di TPS. Sebelumnya, diakuinya  PPS tidak dilibatkan, mereka langsung menerima barang jadi di TPS, sehingga PPS memerlukan waktu untuk mengenali logistik di TPS-nya bekerja. “Bila terjadi kekurangan atau kesalahan memasukkan surat suara, PPS bisa segera mengambil tindakan dan melakukan koordinasi,” tambahnya.
 
Pantaun balitribune.co.id |  - , hingga Rabu kemarin, seluruh surat suara yang sudah terbungkus per TPS di drop ke GOR Kebo Iwa untuk dimasukkan ke kotak suara. Pada 14 dan 14 April nanti, seluruh logistic Pemilu didistribusikan ke masing-masing desa.Sedangkan untuk TPS pada 16 April sudah harus steril dan siap dipakai untuk pencoblosan.Seluruh logistik Pemilu untuk Kabupaten Gianyar sudah siap 100%.

Hukum & Kriminal

Terpopuler