Antisipasi Serangan Burung, Petani Pasang Jaring | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 30 November 2020
Diposting : 5 July 2018 14:30
Agung Samudra - Bali Tribune
JARING - Lahan sawah dipasangi jaring untuk antisipasi serangan burung
BALI TRIBUNE - Antisipasi serangan burung petani di Dusun Tambahan Bakas, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli, memasang jaring di lahan pertanian, khususnya padi. Jaring dipasang setelah padi mulai berisikan bulir padi. Dengan dipasang jaring tersebut, hasil pertanian para petani cukup memuaskan.
 
Salah seorang petani, I Dewa Ketut Watra mengatakan pihaknya berinisiatif memasang jaring agar padinya tidak habis dimakan burung. Sebelum dipasang jaring hasil pertanian tidak terlalu memuaskan mengingat banyak serangan burung. “Kalau dulu bisa setengahnya habis dimakan burung, tapi setelah dipasang jaring hasil yang kami dapat lebih banyak,” ungkapnya, Rabu (4/7).
 
Dewa Watra memiliki lahan pertanian sekitar 1,5 hektar dan sepenuhnya diisi tanaman padi, karena kesulitan untuk mengusir burung, pemasangan jaring sangat efektif untuk melindungi tanaman padi. “Kalau ngusir burung secara manual tidak maksimal, diusir dari satu penjuru burung terbang ke penjuru lain. Sampai menunggu waktu panen padi sudah habis dimakan,” sebutnya.
 
Selain itu pihaknya keterbatasan waktu untuk menghalau burung, mengingat masih ada kegiatan yang lainya. Dewa Watra mengaku membeli jaring dari wilayah Karangasem, dengan harga Rp 1 Juta untuk 100 meter jaring. Kini sudah banyak petani di wilayahnya yang memanfaatkan jaring untuk menghalau  serangan burung. Dewa Watra mengaku banyak petani yang membeli jaring padanya.