Apel Rutin Pertama, Bupati Tamba Minta Pegawai Solid | Bali Tribune
Diposting : 6 June 2022 20:41
PAM - Bali Tribune
Bali Tribune / APEL - Pegawai ASN dan non ASN Pemkab Jembrana mengikuti apel rutin yang kembali di gelar Senin (19/6).

balitribune.co.id | NegaraSetelah sempat vakum vakum hampir dua tahun, Pemkab Jembrana kembali menggelar rutin. Apel rutin mulai, Senin 6/6) bertempat di depan Kantor Bupati Jembrana. Sebelumnya kegiatan Apel rutin itu terhenti, lantaran pandemi Covid-19 yang membatasi keramaian dan kerumunan. 

Pada apel rutin perdana ini bertindak selaku Pimpinan Apel Bupati Jembrana I Nengah Tamba.  Apel diikuti Wakil Bupati Jembrana, IGN Patriana Krisna bersama pejabat pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Jembrana dan staff Pemkab Jembrana. Di awal amanatnya Bupati Tamba mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Pihaknya mengajak seluruh aparatur daerah baik para ASN maupun pegarai non ASN di Lingkungan Pemkab Jembrana untuk mewujudkan teamwork yang solid dengan saling melengkapi dan menjalakan tugas  penuh rasa bertanggung jawab.

“ASN harus taat kepada Core Values yaitu berakhlak, Berorientasi melayani, akuntabel, kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Sehingga kita dapat melaksanakan tugas-tugas sebagai pelayan masyarakat untuk mewujudkan Jembrana Bahagia menuju Jembrana Emas 2026,” ujarnya. Tamba mengaku diawal kepemimpinannya untuk meningkatkan pendapatan daerah dengan mendorong investasi untuk masuk ke Jembrana dan ia juga berjuang ke pemerintah provinsi maupun Pemerintah pusat  untuk mendapatkan dana transfer APBD Provinsi dan juga dana APBN

“Astungkara,  tahun 2022 ini Kabupaten Jembrana mendapatkan dana transfer pusat melalui DAK Fisik sebesar Rp 107 Milyar, meningkatat sebesar 60% dari tahun 2021, DAK Non Fisik dari Provinsi Bali sebesar Rp 18 Milyar berupa pembangunan Krematorium dan Rehab Pura Jagatnatha,” paparnya. Dari sisi investasi dikatakannya pembangunan Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP) I budidaya udang vaname dengan menggunakan teknologi terbaru di pebuahan, INAP II di Pengambengan sudah selesai dan yang sedang di bangun yaitu INAP III di Yehembang sudah selesai. 

Selain itu juga  saat ini sedang dibangun pabrik produsen lintik rokok oleh PT. Mitra Prodin di Desa Penyaringan akan menyerap tenanga kerja sebanyak 4000 tenaga kerja khususnya prempuan.  “Itu akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Jembrana. Selain itu kami juga memberikan perhatian khusus bagi IKM dan UMKM yang ada di Jembrana agar dapat bersaing di pasaran lokal, nasional maupun internasional . Muaranya akan meningkatkan penghasilan masyarakat Jembrana menuju Masyarakat Jembrana Bahagia,” jelas politisi asal Banjar Peh, Desa Kaliakah ini. 

Bupati Tamba juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mengajukan proposal usulan APBN melalui DAK Fisik dan usulan APBD Provinsi Bali melalui BKK tahun anggaran 2023 dimana nilainya hampir mencapai Rp 900 milyar. Usulan anggaran ke Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi tersebut menurutnya untuk mendukung percepatan pembangunan dan pemerataan infrastruktur di Kabupaten Jembrana. “Apabila usulan kita terakomodir, kita harus mempersiapkan diri lebih baik untuk dapat melaksanakan kegiatan yang didanai dari dana DAK Fisik dan BKK Provinsi Bali,” tandasnya.