Arus Mudik di Pelabuhan Padang Bai Meningkat 400 Persen | Bali Tribune
Diposting : 28 April 2022 05:47
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune/ ANTRE - Pemudik pemotor di Pelabuhan Padang Bai antre untuk masuk kedalam kapal.

balitribune.co.id | Amlapura - Lima hari menjelang Lebaran, arus mudik di Pelabuhan Padang Bai Karangasem terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini sudah ribuan pemudik yang diseberangkan ke Lombok, Sumbawa, hingga  Bima, Nusa Tenggara Barat, baik pemudik pemotor, pejalan kaki, pemudik penumpang bus dan mobil pribadi.

Dari pantauan Bali Tribune di pelabuhan ujung timur Bali tersebut, Rabu (27/4/2022), arus mudik memang lebih banyak didominasi oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor dan kendaraan pribadi. Sementara bus antar provinsi yang mengangkut pemudik belum terlihat mengalami lonjakan yang signifikan, kendati sudah ada peningkatan sejak H-7 lalu.

Manager PT ASDP Padang Bai Nickson Ambarita kepada di pintu Dermaga I Padang Bai menyampaikan, arus mudik memang sudah mengalami peningkatan. Namun demikian puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 29 hingga 30 April mendatang. “Sudah mengalami peningkatan, utamanya sepeda motor, tadi malam lumayan padat, nah yang pagi ini sisa yang tadi malam belum terangkut,” ungkap Nickson.

Jika dibandingkan dengan mudik tahun sebelumnya, arus mudik saat ini dikatakannya mengalami peningkatan hingga 400 persen. Ini hal yang menurutnya cukup positif, dimana masyarakat akhirnya bisa melaksanakan mudik kembali ke kampung halaman mereka setelah dua tahun tidak mudik akibat Pandemi Covid-19.

Untuk mengantisipasi kepadatan, pihaknya mengaku telah menyiapkan beberapa skema, mulai dari menambah trip hingga mempercepat aktifitas bongkar muat kapal. Jelang puncak arus mudik, pihaknya menghimbau kepada pengguna jasa penyeberangan untuk melengkapi diri dengan persyaratan mudik yang telah ditentukan pemerintah, yakni sertifikat vaksin Booster dan bagi yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua agar menunjukkan hasil negatif rapid test Antigen/PCR.

Hukum & Kriminal

Terpopuler