Babinsa Kodim 1611/Badung Blusukan Gelar Razia Masker | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 30 November 2020
Diposting : 30 September 2020 02:28
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune/ RAZIA MASKER – Sejumlah Babinsa jajaran Kodim 1611/Badung Bersama Bhabinkamtibmas melakukan razia masker di wilayah Badung.
Balitribune.co.id | Mangupura - Sejumlah Babinsa di jajaran Kodim 1611/Badung bersinergi dengan para Bhabinkamtibmas dan instansi terkait menggelar Operasi Yustisi untuk mendisiplinkan masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk menerapan protokol kesehatan (prokes) sekaligus guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
 
“Kegiatan Operasi Yustisi yang dilakukan secara humanis ini menyasar masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," ujar Dandim 1611/Badung Kolonel inf I Made Alit Yudana, Selasa (29/9/2020). 
 
Pihaknya memerintahkan kepada seluruh Danramil-01 hingga 08 di jajaran Kodim 1611/Badung bersama para Babinsa agar menindaklanjuti perintah dari komando atas. Dimana, selalu bersinergi dengan aparat kepolisian, instansi pemerintah, Satgas Gotong Royong Covid-19 dan aparat desa setempat untuk secara terus menerus melakukan pengawasan dalam pendisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan 
 
Sekaligus mengedukasi masyarakat tentang betapa pentingnya menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah agar terhindar dari paparan virus Corona. Kegiatan penegakan hukum yang diberikan kepada para pelanggar yang tidak menggunakan masker dilakukan secara humanis, sambil membagikan sejumlah masker gratis. 
 
Bagi yang membandel dan tetap abai serta tidak mau memakai masker, maka akan diberikan sanksi beragam, mulai dari menyanyikan lagu "Indonesia Raya", menyebutkan kelima sila dari Pancasila, dan merawat kebersihan fasilitas umum seperti menyapu jalanan, serta push up. Jika di kemudian hari ditemukan pelanggaran serupa, maka kepada yajg bersangkutan diberikan sanksi tegas berupa denda Rp100 ribu sesuai ketentuan Pergub Nomor: 46/Tahun 2020.
 
Menindaklanjuti perintah Dandim 1611/Badung tersebut, maka sinergitas para Babinsa dengan unsur terkait lainnya sering melakukan blusukan ke sejumlah lokasi yang menjadi sasaran operasi yustisi di wilayah desa binaan masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui transmisi lokal, sehingga seluruh masyarakat harus selalu waspada. 
 
Dalam kegiatan ini, aparat gabungan tersebut juga mengedukasi masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Serta disiplin melakukan 3M yaitu, memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, dan menjaga jarak aman (physical distancing) saat berinteraksi dengan orang lain.