Bali Catat Tambahan 119 Pasien Covid-19 Sembuh, Kota Denpasar Sumbang 46 Orang, Tertinggi di Bali | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 23 Oktober 2020
Diposting : 22 September 2020 23:34
Hans Itta - Bali Tribune
Bali Tribune/Sekda Bali, Dewa Made Indra
Balitribune.co.id | Denpasar - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali mencatat dari tambahan sebanyak 119 pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh pada Selasa (22/9), mayoritas merupakan pasien dari Kota Denpasar.
 
"Dari 119 pasien yang dilaporkan sembuh hari ini, mayoritas dari Kota Denpasar yakni 46 orang. Sedangkan pasien yang sembuh di kabupaten/kota lainnya di Bali yakni Kabupaten Tabanan (18), Badung (12), Gianyar (21), Bangli (4), Karangasem (8), Buleleng (10)," kata Ketua Harian GTPP COVID-19 Provinsi Bali yang sekaligus Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra, Selasa.
 
Dilansir Antara, dengan tambahan 119 orang yang sembuh ini, jumlah pasien positif COVID-19 yang telah sembuh secara kumulatif di Pulau Dewata menjadi sebanyak 6.537 orang atau 81,75 persen dari total kasus positif yang terkonfirmasi.
 
"Untuk hari ini juga ada tambahan 108 kasus baru yakni transmisi lokal (106) dan dua orang pelaku perjalanan dalam negeri, sehingga jumlah kumulatif pasien positif COVID-19 hingga hari ini menjadi 7.996 orang," ujarnya.
 
Meskipun Kota Denpasar mencatatkan tambahan tertinggi pasien yang sembuh, pada Selasa ini juga Kota Denpasar mencatatkan penambahan kasus baru tertinggi yakni 26 kasus.
 
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali juga melaporkan pada hari ini ada penambahan tujuh pasien COVID-19 yang meninggal, yakni dari Kabupaten Badung (2), Kabupaten Gianyar (2) , Kabupaten Klungkung (1), Kabupaten Karangasem (1) dan Kabupaten Buleleng (1), sehingga jumlah kumulatif pasien yang meninggal dunia di Pulau Dewata menjadi 229 orang atau 2,86 persen dari total kasus.
 
Sedangkan untuk pasien positif dalam perawatan (kasus aktif) yang berada di 17 rumah sakit, dan dikarantina di Bapelkesmas, UPT Nyitdah, Wisma Bima, Hotel Ibis, Hotel Grand Mega dan BPK Pering sebanyak 1.230 orang.
 
"Jumlah angka positif di Bali sebagian besar masih didominasi oleh transmisi lokal secara kumulatif sebanyak 7.610 orang, pelaku perjalanan luar negeri sebanyak 305 orang dan pelaku perjalanan dalam negeri 85 orang," ujar birokrat asal Pemaron, Kabupaten Buleleng itu.
 
Oleh karena itu, Dewa Indra kembali mengingatkan masyarakat untuk terus mendukung upaya pemerintah, dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, dimana saja dan kapan saja.
 
Di tempat terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, menjelaskan meskipun terjadi peningkatan angka kesembuhan di Denpasar, namun kasus positif juga bertambah 26 orang. Itu sebab, pihaknya tetap mengajak seluruh masyarakat selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.
 
Dewa Rai merinci bahwa 17 desa/kelurahan yang mencatatkan penambahan kasus positif yakni Desa Ubung Kaja mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan 4 kasus positif baru.
 
 Disusul  Kelurahan Renon dan Desa Padangsambian Kaja mencatatkan penambahan 3 orang positif. Kelurahan Pedungan dan Desa Dauh Puri Kelod yang mencatatkan penambahan masing-masing 2 kasus positif. Sementara itu 13 desa/kelurahan mencatatkan penambahan masing-masing sebanyak 1 orang. Sedangkan, sebanyak 31 desa/kelurahan tidak mencatatkan penambahan kasus positif baru.
 
Secara kumulatif kasus positif tercatat sebanyak 2.214 kasus, jumlah pasien sembuh di Kota Denpasar mencapai 1.965 orang (88,75 persen), meninggal dunia sebanyak 43 orang (1,94 persen), dan yang masih dalam perawatan sebanyak  206 orang (9,31 ).