Bali Startup Camp : Start with Your Idea | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 13 Agustus 2020
Diposting : 14 December 2019 16:28
Arief Wibisono - Bali Tribune
Bali Tribune/ Para peserta Bali Strat Up Camp (BSC).
balitribune.co.id | Denpasar - Mendukung perkembangan ekosistem startup di Bali merupakan komitmen utama Bali Startup Camp atau yang sering disingkat BSC. Program yang sudah menginjak tahun penyelenggaraan ke-4 ini, sukses membuat beberapa ide menjadi startup yang bisa berkembang. BSC ke-4 yang diselenggarakan di STMIK Primakara 13 s.d. 15 Desember 2019 dihadiri  Kepala Badan Ekonomi Kreatif Denpasar, Pendiri STMIK Primakara dan juga Orang-Orang yang berpengalaman di bidang startup yang sudah menunjukan konsistensi sehingga bisa membangun startup dengan omset ratusan juta rupiah.
 
Bali Startup Camp kali ini mengusung tagline “Start with your idea, Up your Skills, and Build your startup in three days”, di mana untuk peserta akan membangun startup dengan mentor-mentor selama 3 hari mulai dari menemukan tim, validasi pasar sampai akhirnya presentasi di hadapan para juri. Pada hari pertama peserta akan melakukan presentasi ide di hadapan seluruh peserta yang nantinya setiap peserta diwajibkan untuk membentuk tim yang akan membangun startup nantinya, setelah itu peserta juga mendapatkan beberapa workshop seperti  membangun tim dengan baik yang dibawakan oleh Christhoper Sedana dari “Brave Factor”, Workshop bagaimana memecahkan masalah dengan efektif oleh Putu Surya Sudarmadi dari “Guestpro”, dan terakhir workshop Validasi Pasar oleh Donald Manoc dari “Temu Ilmu”, Kemudian peserta akan melakukan validasi ke lapangan, di mana peserta akan menguji solusi yang diberikan sudah diterima oleh pasar atau sebaliknya. Hari ke-2 Peserta juga mendapatkan beberapa materi untuk memperkuat ide seperti Prototyping yang dibawakan oleh I Wayan Ade Saputra dari “Sandatindo”, workshop membuat presentasi yang baik dan benar oleh Fatkur Rohman dari “Benlaris” dan juga Model Bisnis oleh Primy Jeils dari “Startup Result”.
 
Sedangkan hari terakhir peserta akan melakukan presentasi di hadapan para dewan juri. Nantinya 3 startup terbaik akan mendapatkan piala Walikota Denpasar beserta 2 kupon berkantor di Kembali Innovation Hub senilai 6 juta rupiah.
 
Bali Startup Camp 2019 dihadiri 125 Peserta yang terdiri dari SMA/SMK di Denpasar, Mahasiswa dari STMIK Primakara dan Universitas di Bali, selain itu juga masyarakat umum.
 
“Bali Startup Camp 2019 yang kali ini digelar di STMIK Primakara dengan berkolaborasi dengan Badan Kreatif Denpasar, Kumpul, dan juga Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia yang diharapkan mampu melahirkan startup-startup yang nantinya dapat dikembangkan dan menjadi startup yang bisa memajukan Bali untuk kedepannya,” ujar ketua Panitia Ni Putu Anik Mentayani salah seorang Mahasiswi STMIK Primakara. 
 
Dengan diselenggarakannya Bali Startup Camp 2019 para peserta yang sudah membentuk tim nantinya diharapkan dapat melanjutkan startupnya dan bisa dikembangkan lebih baik lagi.