Bali Tujuan Favorit OST-ITP | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 24 September 2020
Diposting : 15 June 2019 00:35
Release - Bali Tribune
Bali Tribune/ Peserta foto bersama dengan usai pembukaan workshop.
balitribune.co.id | Denpasar -  Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sukses dalam penyelenggaraan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Indonesia. Melalui KB sistem Banjar yang digagas pada era tahun 80-an telah menempatkan Bali sebagai etalase pelaksanaan Program KB di Indonesia. 
 
Sistem banjar ini telah memberi kontribusi dalam memudahkan maupun melancarkan informasi KB sehingga meluas ke pelosok desa dan secara psikososial berhasil menjadikan KB sebagai kebutuhan masyarakat. Keberhasilan ini ditandai dengan angka Total Fertility Rate (TFR) sebesar 2,1per wanita usia subur, yang merupakan angka terendah secara nasional.
 
Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Catur Sentana pada saat membuka kegiatan Workshop Penyiapan Kunjungan Lapangan OST-ITP bagi stakeholder, di LPMP Denpasar, Selasa, (12/6) kemarin.
 
OST-ITP (Observastion Study Tour-International Training Program) merupakan Program Benchmarking dari negara-negara berkembang di Dunia untuk belajar Program KKBPK ke Indonesia, khususnya ke Bali.
 
“Saat ini provinsi Bali sudah sering menerima kunjungan dari negara luar, seperti Timor Leste, Yemen, Vietnam, Filipina, Bhutan, Myanmar dll,” ujarnya.
 
Lebih lanjut Sentana menjelaskan bahwa pelaksanaan OST-ITP di Bali masih menemui beberapa kelemahan, seperti rendahnya kompetensi stakeholder dan mitra kerja di lapangan dan belum meratanya sasaran kunjungan lapangan OST-ITP. 
 
“Pelaksanaan OST-ITP di Provinsi Bali saat ini hanya dilakukan di 4 kabupaten/kota saja, seperti Badung, Denpasar, Gianyar dan Bangli.” tambah Sentana.
Melalui kegiatan ini, diharapkan semua kabupaten/kota mendapatkan peluang yang sama untuk menjadi daerah atau lokasi kunjungan lapangan, sehingga mampu menjual potensi yang ada di wilayahnya masing-masing.