Bali United Melejit | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 06 Agustus 2020
Diposting : 13 June 2016 16:09
Djoko Purnomo - Bali Tribune
bali united
Kiko Insa seusai menjebol gawang Persela Lamongan dalam lanjutan ISC A 2016 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Sabtu malam lalu.

Gianyar, Bali Tribune

Usai menundukkan Persela Lamongan 3-1 dalam lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, Sabtu malam di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, posisi Bali United melejit ke posisi kesembilan dari sebelumnya di posisi 14 klasemen sementara.

Dari enam kali laga, Serdadu Tridatu membukukan dua kali menang, dua kalah, dan dua kali seri dengan nilai 8 sama seperti nilai yang dicatat Madura United di posisi 10 klasemen sementara. Bali United bakal bertandang ke kandang Madura United, Senin (20/6).

“Kemenangan lawan Persela menjadi modal besar bagi kami untuk menapaki laga-laga berikutnya, termasuk Senin mendatang melawan Madura United. Permainan anak-anak sudah sesuai dengan harapan saya, meski tidak semuanya,” ujar manager coach Bali United, Indra Sjafri.

Meski demikian, kata Indra Sjafri, masih ada beberapa hal yang harus dibenahinya sebelum Fadhil Sausu dkk melakoni laga yang diprediksi bakal berlangsung sengit melawan laskar Sape Kerap, di Stadion Gelora Bangkalan, Madura nanti.

“Ya, pembenahan dan evaluasi tetap harus kami lakukan meski menang 3-1 atas Persela, sebab yang mereka tampilkan itu baru 90 persen dari apa yang seharusnya anak-anak lakukan, seperti misalnya kerja sama dari kaki ke kaki,” ujar pelatih berdarah Minang ini sembari menambahkan, untuk lini tengah punggawanya cukup bagus dan konsisten.

Menekan

Dipimpin wasit Aprisman Aranda dari Padang panjang, Bali United membuka gol melalui Kiko Insa menit ke-28 memanfaatkan bola reebon hasil tendangan penalti Nemanja Vidakovic, yang gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Persela Choirul Huda.

Defisit satu gol, Persela mencoba mengimbangi permainan cepat tuan rumah. Namun, Bali United tidak mengendurkan serangannya dan juga memberikan perlawan ke area pertahanan Persela. Hingga jeda babak pertama, skor 1-0 untuk Bali United.

Babak kedua baru berjalan 7 menit, tepatnya menit ke-52, giliran kapten  Bali United Fadhil Sausi mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan bebas yang dilakukannya dari luar kotak penalti mengarah ke sudut kanan atas kiper Huda sehingga mengubah skor menjadi 2-0.

Unggul 2-0, seakan membuat anak-anak Serdadu Tridatu berpuas diri. Mereka mengabaikan kawalan ketat terhadap lawan seperti yang dilakukan pada babak pertama. Akibatnya, Fictor Pae berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 setelah tendangan kerasnya gagal dibendung kiper Rully Desrian lantaran terlebih dahulu membentur Kiko Insa.

Beruntung pada masa injury time, Martinus Novianto yang masuk di paruh babak kedua, pada menit ke-92 berhasil menyarangkan bola ke gawang Persela melalui tendangan kerasnya. Skor 3-1 untuk Bali United bertahan hingga peluit akhir pertandingan.

Dalam laga itu, wasit mengeluarkan tiga kartu kuning untuk pemain Bali United yakni, Nemanja Vidakovic pada menit ke-48, Kiko Insa pada menit ke-65 dan Alasan Putra pada menit ke-71.

Pelatih Persela Sutan Harhara mengakui permainan Bali United lebih bagus dari timnya. "Kami akan membalas kekalahan ini dalam laga berikutnya di Lamongan. Namun, saya sangat apresiasi atas kemenangan Bali United," katanya.