Bangli Dapat Suplay Belasan Ribu Dosis Vaksin | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 22 September 2021
Diposting : 26 July 2021 23:17
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune/ TUNJUKKAN - Petugas Dinas Kesehatan tunjukkan vaksin yang baru tiba, Senin (26/7/2021).
balitribune.co.id | Bangli  - Bangli kembali mendapat suplay vaksin Sinovac dan Astrazaneca. Beberapa hari sebelumnya ketersediaan vaksin di Dinas Kesehatan sempat kosong. Karena nihil vaksin beberapa jadwal vaksinasi ditunda. Salah satu terdampak minim vaksin, layanan vaksinasi di RSJ Provinsi Bali dialihkan. 
 
Kepala Dinas Kesehatan Bangli dr I Nengah Nadi saat dikonfirmasi mengatakan sejak 23 Juli lalu vaksin yang ada di Dinas Kesehatan kosong. Sementara di Puskesmas hanya tinggal beberapa dosis. "Akibat tidak ada vaksin, ada beberapa jadwal vaksinasi yang terpaksa diundur," ungkapnya, Senin (26/7/2021). 
 
Senin siang, Bangli mendapat pasokan vaksin Sinovac dan Astrazaneca. Untuk vaksin Sinovac sebanyak 5.000 dosis dan 10.000 dosis Astrazaneca. Lebih lanjut, vaksin Sinovac sebanyak 600 dosis sudah dibawa ke Puskesmas Susut I karena disana sudah nihil ketersediaan vaksin. "Vaksin Sinovac ini dipersiapkan untuk pelajar," jelasnya. 
 
Awal Agustus sudah mulai vaksin dosis kedua untuk Astrazaneca. Sebelumnya Bangli mendapat 70.000 dosis vaksin Astrazaneca untuk dosis pertama. "Saat ini baru dapat pasokan 10.000 dosis. Tentu kami menunggu pasokan lagi. Memang saat ini pasokan vaksin diarahkan ke daerah-daerah yang jadi prioritas atau target pemerintah pusat," Kata dr Nengah Nadi. 
 
Direktur RSJ Provinsi Bali dr Dewa Gede Basudewa mengatakan, untuk sementara RSJ tidak melayani vaksinasi bagi masyarakat umum. Masyarakat yang akan melaksanakan vaksin dosis kedua diarahkan ke puskesmas terdekat. "Saat ini kami hanya melayani pasien ODGJ. Kondisi ini karena belum adanya pasokan vaksin baik jenis Sinovac maupun Astrazaneca," jelasnya. 
 
Ditegaskan, begitu ada pasokan vaksin, dipastikan RSJ akan melakukan layanan vaksinasi bagi masyarakat umum. RSJ sudah melayani vaksinasin sejak Februari lalu. Sudah ada 17 kali pengiriman vaksin oleh Dinas Kesehatan Bangli. Sementara itu, untuk cakupan vaksinasi di RSJ telah diberikan sebanyak 14.817 dosis. Meliputi vaksin I sebanyak 8982, vaksin II sebanyak 5835. Sedangkan khusus untuk ODGJ vaksin I sebanyak 548 dosis dan vaksin II sebanyak 265 dosis. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler