Bantu Kelompok Perajin Batok Kelapa di Desa Abang, GMT Bagikan Ratusan Paket Sembako | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 24 September 2020
Diposting : 10 August 2020 19:01
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / Semeton GMT saat menyerahkan ratusan peket bantuan sembako kepada warga kelompok perajin batok kelapa di Desa Abang

balitribune.co.id | Amlapura - Dampak ekonomi akibat wabah Covid-19 yang hingga saat ini masih terjadi, juga cukup dirasakan oleh para perajin di sejumlah wilayah di Kabupaten Karangasem, dimana sepinya pariwisata juga berdampak pada sepinya order hasil kerajinan, sehingga sebagian besar perajin selama beberapa bulan terakhir ini tidak memiliki aktifitas, artinya tidak ada pemasukan bagi mereka.

Merespon kondisi sulit yang tengah dialami oleh para perajin, Semeton Gerakan Masyarakat Terpadu (GMT) Senin (10/8/2020) menyalurkan ratusan paket bantuan sembako yang diperuntukkan bagi para perajin batok kelapa di Desa Abang, Kecamatan Abang, Karangasem. kehadiran bantuan dari keluarga besar GMT tersebut disambut oleh warga dari kelompok perajin batok kelapa yang tersebar di empat banjar dinas di Desa Abang.

Untuk menghindari terjadinya kerumunan warga penerima, penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh pengurus GMT, I Gusti Putu Rinceg bersama mantan Perbekel Abang, AA Ayu Mahesarani, yang diterima oleh perwakilan dari masing-masing kelompok perajin batok kelapa, guna selanjutnya dibagikan kepada waga anggota masing-masing kelompok.

“Sepinya pariwisata sementara waktu ini akibat wabah Covid-19, juga berdampak pada para perajin yang ada di Karangasem, salah satunya perajin batok kelapa di Desa Abang, Kecamatan Abang. Sebagian besar perajin belum beraktifitas karena sepinya order, karena itu kami Semeton GMT menyalurkan bantuan semabko untuk para perajin di Desa Abang,” ujar I Gusti Putu Rinceg.

Kelompok perajin batiok kelapa yang disaluri bantuan sembako GMT, masing-masing, Kelompok perajin di Banjar Dinas Abang Kaler, Kelompok perajin di Banjar Dinas Abang Kelod, dan bantuan juga disalurkan kepada warga di Banjar Dinas Waliyang Bulangkep, dengan jumlah total bantuan yang diusalurkan seluruhnya sebanyak 259 paket sembako.

“Semoga bantuan dari keluarga besar GMT ini bisa membantu meringankan beban masyarakat kelompok perajin batok kelapa di Desa Abang ini, paling tidak bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan pangan selama beberapa hari kedepan,” tuntas Gusti Putu Rinceg.