Bawa Ganja ke Bali, Warga Canada Ditangkap | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Februari 2023
Diposting : 24 October 2022 20:05
RAY - Bali Tribune
Bali Tribune / Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Stefanus Satake Bayu
balitribune.co.id | DenpasarWarga Negara Asing (WNA) yang membawa masuk narkoba ke Bali terus bertambah. Kali ini, seorang warga Canada bernama Brett Rosenberg (41) diamankan tim gabungan Polda Bali dan Bea Cukai Bandara I Gusti Ngurah Rai di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai, Kamis (20/10) jam 03.00 Wita.
 
Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu kepada Tim Bali Tribune menjelaskan, berawal hari Rabu (19/10) pukul 19.46 Wita berdasarkan hasil analisa citra X-Ray, petugas mencurigai isi koper salah satu penumpang pesawat Eva Air BR255, Taipei - Denpasar yang mendarat jam 15.10 Wita. Petugas kemudian mengarahkan penumpang tersebut ke jalur merah untuk dilakukan pemeriksaan. Pada saat dilakukan pemeriksaan barang bawaan, petugas menemukan setengah linting rajangan daun berwarna coklat yang dibungkus kertas warna putih yang berada di dalam tabung kaca bening bertuliskan HERN EMERALDS dengan tutup kayu dengan berat 8,14 gram bruto atau 0,42 gram netto. Ganja tersebut ditemukan di dalam tas warna hijau bertuliskan SUITED NOMAD yang disimpan di dalam koper hardcase warna hitam merek RIMOWA, yang diduga mengandung sediaan narkotika golongan I jenis Delta 9 Tetrahydrocannabinol.
 
"Selanjutnya terlapor beserta barang bukti diserahkan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Bali untuk dilakukan penanganan lebih lanjut," ungkapnya di Denpasar, Senin (24/10) malam. 
 
Selain mengamankan tersangka, petugas juga menyita sejumlah barang bukti, seperti setengah linting rajangan daun berwarna coklat yang dibungkus kertas warna putih yang berada di dalam tabung kaca bening bertuliskan HERN EMERALDS dengan tutup kayu dengan berat 8,14 gram brutto atau 0,42 gram netto. Satu buah tas berwarna abu-abu kombinasi hijau dengan merk SUITED NOMAD. Satu buah passport atas nama Brett Rosenberg dengan nomor HB555743. Satu lembar Customs Declaration atas nama Brett Rosenberg dan dua lembar boarding pass EVA AIR dengan nomor penerbangan BR0031 dan BR0255.
 
"Modusnya, pelaku membawa barang yang diduga narkotika golongan satu jenis ganja dari luar negeri. Saat ini, pelaku sedang menjalani pemeriksaan di Dit Res Narkoba," terangnya.