"Bebek Timbungan" Menu Khas Bali Dikenalkan di Area Wisata | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 12 Agustus 2020
Diposting : 17 November 2018 23:49
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
BEBEK - Menu bebek timbungan yang dipopulerkan salah satu restoran masakan Bali di Kuta, Badung
 BALI TRIBUNE - Pulau Bali tidak hanya memiliki kuliner tradisional berupa ayam betutu, sate lilit, sayur plecing yang sudah populer dikalangan wisatawan. Namun ada satu kuliner tradisional warisan leluhur yang masih jarang untuk ditemukan di seputar tempat wisata di Bali yaitu bebek timbungan. 
 
Vice President Director Secret Garden Village Ana Dewi Permana mengenalkan menu tradisional ini untuk para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Dia mengatakan, ketika datang ke Pulau Dewata belum lengkap rasanya jika belum mencoba masakan tradisionalnya. "Sebut saja ayam betutu, sate lilit, atau sayur plecing kangkung adalah beberapa makanan wajib dicoba ketika berlibur ke Pulau Seribu Pura ini. Bukan hanya itu saja, ada lagi sajian asli Bali yang harus dicoba yakni bebek timbungan," katanya saat pembukaan Restoran Bebek Timbungan di seputaran Jalan Sunset Road Kuta, Badung, Kamis (15/11). 
 
Bebek timbungan merupakan salah satu sajian terkenal dan tertua khas Bali. Pada mulanya bebek timbungan hanya dihidangkan pada ritual-ritual upacara adat Bali saja. Dikutip dari naskah kuno Dharma Caruban, salah satu menu Bali yang paling tradisional dalam upacara ritual adalah “timbungan”. 
 
Timbungan sendiri berasal dari kata "embung" atau "timbung" yang memiliki arti bambu. Jadi, Bebek timbungan adalah hidangan daging bebek yang dimasak dengan bumbu basa genep (racikan bumbu utama khas Bali) menggunakan bilah bambu. "Bebek Timbungan menjadi kuliner Bali yang harus dicoba. Berangkat dari sebuah keinginan untuk terus melestarikan filosofi keanekaragaman makanan khas Bali, Restoran Bebek Timbungan–Balinese Heritage Cuisine memperkenalkan "bebek timbungan" sebagai menu andalannya," ujar wanita yang disapa Ana ini. 
 
Menu yang dikenalkan ke wisatawan tersebut adalah sajian khas dan istimewa yang dihidangkan dengan mempertahankan komposisi dan cara pengolahan sesuai dengan resep warisan leluhur. Tingginya permintaan menu bebek timbungan direstoran sebelumnya itu menjadi latar belakang dibukanya restoran Bebek Timbungan-Balinese Heritage Cuisine didekat area para turis melakukan aktivitas wisata. 
 
Selain penyajiannya yang menonjolkan khas Bali, interior restoran pun bernuansa budaya Bali modern. "Wisatawan dari manapun bisa menikmati citarasa warisan kuliner Bali seperti bebek timbungan yang adalah the next culinary journey of Bali island," katanya.