Berangkat Mulai Pekan Depan, Calon Jemaah Jembrana Haji Divaksin | Bali Tribune
Diposting : 16 July 2019 14:49
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/ VAKSIN - Calon jemaah haji asal Jembrana mendapat pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi sebelum diberangkatkan mulai pekan depan.
balitribune.co.id | Negara - Penyakit rentan menyerang WNI yang berpergian ke luar negeri termasuk Jemaah Haji. Salah satu penyakit yang dikhawatirkan berdampak negatif terhadap kesehatan jemaah haji yang berangkat ke tanah suci adalah Miningitis dan Influenza. Sebelum diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji, seluruh calon jemaah haji (CJH) diwajibkan mendapatkan vaksin.
 
Ratusan calon jemaah haji asal Jembrana yang akan diberangkatkan dalam dua kali keberangkatan pada tahun 2019 ini melalui embarkasi Surabaya, yakni pada Senin (25/7) dan sebanyak 60 calon jemaah haji kloter 60 dan pada Minggu (4/8) sebanyak 77 calon jemaah haji kloter 84, dipastikan kondisi tubuhnya sehat dan telah mendapatkan vaksinasi sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku. Vaksinasi terhadap calon jemaah haji asal Jembrana ini sudah dilakukan sejak akhir pekan lalu oleh Pihak Kementerian Agama Kabupaten Jembrana bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana.
 
Vaksinasi wajib diberikan untuk meningkatkan kekebalan tubuh calon jemaah haji agar tidak mudah terserang penyakit saat menunaikan ibadah haji di tanah suci. Setelah sebelumnya diberikan vaksinasi Miningitis, ratusan calon jemaah haji ini akhir pekan lalu mendapatkan vaksinasi influenza. Para calon jemaah haji yang datang satu persatu ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana sangat antusias dengan pemberian vaksinasi ini. “Sebelumnya memang sudah divaksin, sekarang lagi untuk vaksin flu. Harapannya sehat selama ibadah,” ujar salah seorang calon jemaah haji, Musarwah.
 
Petugas Penyelenggara Haji Dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana, Muslihin mengatakan di Kabupaten Jembrana tercatat ada 137 calon jemaah haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci pada tahun ini. Sebelumnya ratusan calon jemaah haji dari sejumlah desa dilima kecamatan di Jembrana ini telah mendapatkan vaksinasi miningitis yang memang wajib diberikan. Untuk mengantisipasi adanya calon jemaah haji yang terserang penyakit influenza saat berada di tanah suci,  paracalon jemaah haji ini kembali diberikan vaksinasi berupa vaksinasi influenza.
 
“Vaksin pertama Miningitis wajib diberikan dan ini vaksin influenza kami anjurkan agar jemaah haji tetap bugar mulai berangkat hingga pulang dari tanah suci,” jelasnya. Sebelumnya seorang calon jemaah haji, Sarmin Bin Harsad, warga Desa Air Kuning meninggal dunia Rabu (10/7) lalu di RSU Negara usai Manasik Haji. Ia sempat diopname di Puskesmas Air Kuning selama dua hari satu malam. (u)

Hukum & Kriminal

Terpopuler