Berkat Berbagai Kampanye di Tokopedia, Transaksi UMKM Denpasar Meningkat Sepanjang 2021 | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 02 Juli 2022
Diposting : 15 January 2022 10:25
KSM - Bali Tribune
Bali Tribune/Tokopedia merilis ada lonjakan lebih dari 3x lipat pada transaksi rata-rata UMKM Denpasar selama tahun 2021
Balitribune.co.id | Denpasar - Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho dalam siaran persnya, Sabtu (15/1) menyampaikan, Denpasar, Makassar dan Palembang menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama 2021 dibandingkan 2020. Hal ini dikarenakan 
 
antusiasme masyarakat dalam mendukung pegiat usaha di Indonesia, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal, melalui platform Tokopedia yang semakin meningkat. 
 
"Di Denpasar, kecantikan, makanan dan minuman, kesehatan dan perawatan diri merupakan beberapa kategori paling laris selama 2021. Hal ini juga melatarbelakangi peningkatan transaksi rata-rata UMKM Denpasar menjadi lebih dari 1,5x lipat dibandingkan 2020," bebernya.
 
Trian Nugroho menyebutkan, Léollé Bali merupakan UMKM Badung yang menilai Tokopedia sebagai harapan baru bagi bisnis kerajinan Bali yang hampir bangkrut akibat pandemi. Sejak mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, salah satunya Home Living SALEbrations, omzet Leole Bali perlahan naik hingga 70% dari omzet sebelum masa pandemi dan bahkan sudah kembali merekrut karyawan.
 
Berbagai temuan menarik tersebut didukung oleh sederet inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diusung selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. 
 
Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal termasuk Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya.
 
 
Selain itu, ada Digitalisasi Pasar Tradisional dimana Tokopedia bersama pemerintah mendigitalisasi pasar tradisional di berbagai kota. Contohnya, Sewakamart Pasar Badung di Denpasar.
 
“Ke depannya, kami akan terus gencar berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momentum ditengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri,” tutup Trian Nugroho.