Berkemah, Tren Wisata Biaya Murah | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Oktober 2020
Diposting : 5 December 2017 21:08
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bugbug
Suasana perkemahan di kawasan Bukit Asah, Desa Bugbug Karangasem

BALI TRIBUNE - Menghilangkan kepenatan dari kesibukan sehari-hari menjadi hal wajib dilakukan agar terhindar dari stres. Tentunya melakukan kegiatan-kegiatan yang berdampak positif bersama keluarga maupun sahabat seperti berwisata di alam bebas. Salah satunya, berkemah dengan biaya yang terjangkau.


Berkemah di alam terbuka saat ini menjadi tren bagi kalangan muda. Sebab jenis aktivitas ini sangat menyenangkan dan tentunya hemat biaya. Salah satu lokasi berkemah yang saat ini sedang banyak diincar wisatawan dan warga lokal adalah, kawasan Bukit Asah yang terletak di Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem.


Staf pengelola kawasan berkemah Bukit Asah, Wayan Kariadi menjelaskan peminat yang berkemah di Bukit Asah kian meningkat. Pihak pengelola memberlakukan biaya retribusi Rp 12 ribu. Pengelola juga menyediakan tenda yang bisa disewa dengan harga sebesar Rp 80 ribu per tenda.


"Karena sudah ramai yang berkemah, pihak desa mengambil alih pengelolaan kawasan wisata ini," katanya beberapa waktu lalu.


Di Bukit Asah wisatawan yang berkemah dapat melihat panorama pegunungan, pantai dan pada saat pagi hari pandangan mata akan dimanjakan dengan suasana matahari terbit serta menyaksikan indahnya Pulau Paus.


Selain itu juga menikmati pemandangan matahari tenggelam. Pemandangan matahari tenggelam juga tidak kalah cantiknya, karena kawasan ini berada di ketinggian, sehingga matahari tenggelam terlihat dengan jelas.


"Pulau Paus ini oleh masyarakat dikenal dengan nama Gili Kuan karena bentuknya mirip Ikan Paus yang berada di Pantai Bugbug. Pulau ini sering digunakan sebagai lokasi pre-wedding dan, lokasinya ada di bawah Bukit Bugbug," pungkasnya.