Diposting : 1 March 2018 08:17
I Made Darna - Bali Tribune
ogoh-ogoh
IB Anom Bhasma

BALI TRIBUNE - Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Badung meminta Sekaa Teruna (ST) di gumi keris mempersiapkan ogoh-ogohnya untuk dinilai mulai tanggal 2 Maret, besok.

“Sekaa Teruna kami minta bersiap, karena penilaian ogoh-ogoh akan mulai dilakukan tanggal 2 Maret besok,” ujar Kadisbud Badung IB Anom Bhasma, Rabu (28/2).

Dikatakan proses penilaian ogoh-ogoh akan dilaksanakan dua tahap. Penilaian tahap pertama akan dilaksanakan serentak mulai tanggal 2 hingga 6 Maret yang dinilai oleh tim di masing-masing kecamatan di Badung.

Kemudian, penilaian tahap kedua akan dilaksanakan tanggal 7 dan 8 Maret di semua kecamatan untuk ogoh-ogoh yang dianggap masuk dalam kriteria untuk menentukan pemenang. Untuk tanggal 7 Maret penilaian akan dilaksanakan di Kecamatan Kuta, Kuta Utara dan Kuta Selatan. Sedangkan tanggal 8 Maret dilaksanakan di Kecamatan Petang, Abiansemal dan Mengwi.

"Ogoh-ogoh yang sebelumnya sudah masuk kriteria, kami nilai lagi dari tim kabupaten. Setelah itu baru ditentukan pemenang,” kata Anom Bhasma.

Bila dewan juri datang, ST tidak perlu membuat acara penyambutan yang meriah. “ST cukup hanya meletakkan sinopsis yang sesuai dengan karakter ogoh-ogoh yang dibuat,” tukasnya.

Seperti diketahui Pemkab Badung memberikan bantuan Rp 23 juta untuk ST membuat ogoh-ogoh Nyepi. Ogoh-ogoh hasil kreatifitas sekaa teruna ini akan dinilai. Bila menang lomba, maka akan mendapat hadiah berupa uang dari Pemkab Badung.