BI Rayakan HUT ke-69 Dirangkai dengan PORSEBANK se-Bali | Bali Tribune
Diposting : 2 July 2022 17:39
ARW - Bali Tribune
Bali Tribune / HUT - Perayaan HUT ke-69 Bank Indonesia di Provinsi Bali.
balitribune.co.id | Denpasar - Diawali dengan pawai peserta, Pekan Olahraga dan Seni Perbankan (PORSEBANK), sekaligus Perayaan HUT ke-69 Bank Indonesia digelar secara bersamaan di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Denpasar, Sabtu (2/1). Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau kerap disapa Cok Ace dan para pimpinan perbankan se Bali.
 
PORSEBANK tahun ini mempertandingkan 7 cabang olahraga dan seni, serta diikuti oleh 37 bank se-Provinsi Bali yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Bali. Tema PORSEBANK 2022 kali ini “Together We Are Stronger”.
 
“Tema ini mengandung arti bahwa PORSEBANK bukan dimaksudkan sebagai kegiatan bersenang-senang semata, melainkan sebagai bentuk kegiatan bersama untuk membangkitkan sportivitas dan optimisme dalam mendukung pemulihan ekonomi Bali,” ucap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho.
 
Hal menarik lain dari penyelenggaraan PORSEBANK tahun ini ialah PORSEBANK turut ambil bagian dalam mempromosikan acara G20 di Bali di mana salah satu tema yang sedang dikampanyekan adalah transisi energi menuju Energi Baru Terbarukan (EBT). Oleh karena itu, pembukaan PORSEBANK diawali dengan pawai seluruh anggota BMPD bersama Wakil Gubernur Provinsi Bali menggunakan mobil listrik, sepeda motor listrik, dan sepeda listrik.
 
“Tentunya hal  ini dapat terwujud lewat kolaborasi dan sinergi dari seluruh pihak, termasuk Pemerintah Daerah Provinsi Bali dan semua pelaku perbankan se-Provinsi Bali,” ujar Trisno Nugroho. Inilah makna sebenarnya dari tema PORSEBANK tahun ini, yaitu “Together We Are Stronger” sambungnya. 
 
Diuraikan, kegiatan PORSEBANK 2022 juga merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-69 Bank Indonesia yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2022. HUT Bank Indonesia tahun ini mengangkat tema “Mendorong Talenta Bank Indonesia menjadi Insan Bank Sentral Digital Masa Depan yang Kredibel untuk Menjaga Stabilitas dan Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Maju” yang diimplementasikan ke dalam 3 pilar, yaitu Go Better, Go Contribute, dan Go Digital.
 
“Penyelenggaraan Porsebank tahun ini bertepatan dengan momentum kebangkitan perekonomian Bali, setelah selama dua tahun terpuruk akibat ketidak hadiran wisatawan ke pulau ini,” ungkap Trisno Nugroho. 
 
Menurutnya, ekonomi Bali pada triwulan I 2022 telah tumbuh 1,46% patut kita syukuri. Namun rendahnya pertumbuhan ekonomi tersebut memberi isyarat bahwa perjuangan masih panjang dan semangat tak boleh kendur.
 
Beberapa kabar yang menggembirakan datang dari sektor pariwisata. Kedatangan penumpang domestik pada bulan Juni 2022 sudah mencapai sekitar 380 ribu orang, hampir sama dengan kondisi sebelum pandemi.  Sementara itu kedatangan penumpang internasional sudah merangkak naik mencapai 190 ribu orang, kira kira 24% dari saat sebelum pandemi. Kondisi ini merupakan peluang sekaligus tantangan khususnya bagi perbankan untuk mendukung pemulihan pariwisata Bali.
 
Mengutip pesan dari Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Trisno Nugroho menyampaikan, berkaitan dengan sikap dan perilaku seorang yang relevan diterapkan dalam momen kebersamaan seperti acara PORSEBANK ini. Ketiga sikap dan perilaku tersebut adalah (1) bersyukur, (2) memperkuat komitmen, serta (3) menempuh langkah-langkah untuk masa depan yang lebih baik.
 
“Kami berharap agar PORSEBANK 2022 dapat memunculkan talenta-talenta terbaik di Provinsi Bali, baik di bidang olahraga maupun kesenian. Semoga penyelenggaraan PORSEBANK 2022 dapat berjalan dengan baik, serta memberikan dampak positif terhadap upaya pemulihan ekonomi di Provinsi Bali,” pungkas Trisno Nugroho yang juga Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah Provinsi Bali.

Hukum & Kriminal

Terpopuler